Pemerintahan

Jika Terintegrasi Sistem Samsat, Sekda Optimis Parkir Berlangganan di Sumedang Melampaui Rp5 Miliar per Tahun

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, optimistis jika parkir berlangganan di Kabupaten Sumedang terintegrasi dengan sistem samsat maka Pendapatan Asli Daerah dari parkir bisa mencapai angka Rp5 Miliar per Tahun.

Hal itu ia sampaikan setelah melakukan rapat evaluasi SAKIP di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Kamis (27/10).

Baca Juga :  Genjot PAD dari Parkir Berlangganan, Kontribusi ASN Sumedang Baru 15 Persen

Selama ini, sebagaimana diketahui, Dishub dalam melakukan pungutan retribusi parkir berlangganan menggunakan pembayaran secara manual di loket-loket yang telah disediakan, bahkan untuk mendongkrak pencapaian parkir berlangganan, Dishub membuka loket keliling menggunakan mobil operasional sebagaimana ada Samsat Keliling atau SIM keliling.

“Karena kendalanya di sistem samsat, mudah-mudahan kedepan bisa masuk sistem samsat, ini masih di kordinasikan dengan Polda dengan Polres,” kata Herman.

Baca Juga :  Alami Peningkatan, Sekda Sumedang Yakin Retribusi Parkir Tahun 2022 Capai Rp2 Miliar

Sekda mengakui, sejauh ini memang kendala retribusi parkir tidak memenuhi target karena tidak terintegrasinya pembayaran parkir berlangganan dengan sistem samsat.

Karena dengan cara manual, masyarakat yang memiliki kendaraan tidak semuanya bayar parkir berlangganan, hanya mereka yang bayar dengan kesadaran sendiri mengikuti program parkir berlangganan.

Baca Juga :  Genjot PAD dari Parkir Berlangganan, Kontribusi ASN Sumedang Baru 15 Persen

Berbeda jika terintegrasi dengan sistem samsat, setiap pemilik kendaraan secara otomatis akan bayar parkir berlangganan saat mereka bayar pajak kendaraan tahunan.

“Kalau nanti sudah masuk sistem samsat, saya optimis bisa melampaui Rp5 Miliar,” kata Herman.

Show More

Mamat Munandar

Mamat Munandar adalah pemilik sekaligus pendiri media Tahu Ekspres. Selain pendiri, Matmund, sapaan akrabnya, juga aktif sebagai Redaktur di Tahu Ekspres. Pengalamannya sebagai seorang jurnalis sudah sejak 2012 silam, aktif di media lokal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif juga di organisasi profesi wartawan, yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button