Pendidikan

Atalia Kamil Resmi Menutup Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang LT-IV di Buper Kiarapayung

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Ridwan Kamil resmi menutup kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (LT-IV) di Bumi Perkemahan (Buper) Kiarapayung Sukasari Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (30/5/2023).

“Acara yang digelar sejak Sabtu (27/5/2023) kemarin dan berakhir hari ini. Saya berharap, LT-IV sebagai ajang untuk mengevaluasi kompetensi anggota pramuka penggalang selama dibina di Gugus Depan (Gudep)nya masing- masing. Bahkan, saya berharap para peserta tetap mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama pramuka penggalang,” ujar Atalia.

Dikatakan Atalia, kegiatan tersebut mengusung tema, Berprestasi, Bersahabat dan Ceria. Jadi, kegiatan LT-IV regu pramuka penggalang merupakan kegiatan yang mengasah keterampilan, kecerdasan, kedisiplinan, kemandirian dan kecakapan bagi seorang pramuka penggalang yang berpedoman pada petunjuk penyelenggara.

“Jadikanlah kegiatan lomba ini sebagai penguji kemampuan, keterampilan, dan kecakapan yang kalian latih selama ini. Sehingga, mampu untuk memotivasi diri menjadi pramuka yang handal, cerdas, mandiri serta sukses sehingga menjadi harapan kita semua dan juga bagi orang tua kalian,” pungkasnya.

Di kesempatan itu, Ketua Harian Kwarda Jabar, Deni Nurdiyana mengatakan, bahwa kegiatan LT-IV merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu yang biasa disingkat dengan LT.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk perkemahan. Lomba Tingkat sendiri memiliki jenjang tingkat yakni, LT-I di tingkat Gudep, LT-II di tingkat Kwartir Ranting (Kwarran), kemudian LT-III di tingkat Kwarcab atau Kabupaten, Tingkat Provinsi LT-IV dan selanjutnya Tingkat Nasional LT-V,” terangnya.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut terdapat sejumlah bidang lomba mulai bidang umum, giat perkemahan, giat keterampilan, giat wawasan kebangsaan, dan jelajah.

“Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jabar. Melalui LT-IV ini, diharapkan dapat menjadi perwakilan Kwarda Jabar untuk menuju ke tingkat yang lebih tinggi. Sejatinya, LT-IV ini bukan hanya berlomba menjadi yang terbaik, tapi yang terpenting adalah mendapatkan pengalaman berharga sebagai generasi bangsa yakni belajar berdisiplin, belajar menjadi pemimpin dan belajar dipimpin,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button