PendidikanRancakalongSumedang

Ini Pesan Wabup Sumedang Saat Peringati Hari Lahir Bapak Pramuka di Rancakalong

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sedikitnya 350 Pramuka Siaga dan Penggalang mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Gerakan Pramuka dalam rangka hari lahir Bapak Pramuka Robert Baden Powel yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan didampingi unsur pejabat Forkopimcam di Lapang Sepak Bola Geo Theater Rancakalong Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (2/3/2023).

Wabup Erwan didampingi Camat Rancakalong, Ili S.sos. menyatakan, setiap peringatan Boden Powel selalu diucapkan janji sebagai Pramuka yakni, Dwi Satya bagi Pramuka Siaga juga Tri Satya bagi Pramuka golongan lainnya.

Baca Juga :  Disambut Antusias Warga Sumedang, Erwan Akan Gelar Nobar Persib Kembali di Leg Kedua

“Dalam dwi satya maupun tri satya tersurat jelas bahwa demi kehormatan, seorang Pramuka berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta saling tolong menolong sesama manusia,” ucap Erwan.

Terlebih, sambung Erwan, Dwi Satya dan Tri Satya merupakanan cerminan sikap perilaku seorang Pramuka sejati, sebagaimana digagas oleh Baden Powel sejak tahun 1907.

“Gagasan itu, kemudian melahirkan gerakan kepanduan atau kepramukaan sedunia,” ucapnya.

Baca Juga :  Erwan Setiawan Resmikan Sarana Olahraga PTM Fajar Mekar Cipajaran Jatinangor
Wabup Sumedang, H. Erwan Setiawan saat menghadiri latihan gabungan Pramuka di Rancakalong Sumedang Jabar.

Menurut Erwan, sebagai Pramuka harus berusaha untuk bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan YME sesuai dengan ajaran Agama masing-masing.

“Saat menjalankan kewajiban ini juga harus diwujudkan dalam perilaku sehari-hari antara lain, selalu bersikap sopan, ramah, menjalin perahabatan dan persaudaraan, siap membantu mereka yang butuh pertolongan, serta menghindari perilaku negatif,” ujarnya.

Baca Juga :  Bos Persib Bandung dan Erwan Setiawan Bagikan Takjil Gratis di Alun-alun Sumedang

Olehsebab itu, pada momentum hari bapak Pramuka Indonesia tahun 2023, Wabup mengajak seluruh jajaran gerakan Pramuka, mulai dari adik-adik siaga sampai anggota dewasa termasuk pembina, pelatih pembina dan andalan untuk bisa meneladani sikap bapak Pramuka Indonesia dengan mengedepankan semangat cinta Tanah Air.

“Lalu, selalu berupaya untuk membantu pembangunan masyarakat mulai dari lingkungan terkecil, keluarga, dan sekitar rumah masing-masing,” tukas Wabup Sumedang, H. Erwan Setiawan. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button