KomunitasPendidikanSumedang

2500 Peserta Pramuka se-Jabar Ikuti Kegiatan Peransaka di Buper Kiara Payung

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) kembali digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Mashudi Kiarapayung, Sukasari Sumedang yang resmi dibuka oleh Plt Ketua Kwarda Jabar, Kak Dr H Deni Nurdyana Hadimin, M.Si., CFrA pada Jum’at, (17/11/2023).

Kegiatan Peransaka Daerah Jabar tahun 2023 digelar mulai tanggal 17-21 Nopember 2023 dan diikuti oleh sebanyak 2500 anggota pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam Saka dan Sako di Jawa Barat.

Plt Ketua Kwarda Jabar, Kak Deni Nurdyana menjelaskan bahwa Perkemahan Antar Saka Daerah Jabar dilaksanakan selama 5 tahun sekali. Sehingga peransaka merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh anggota Satuan Karya.

“Untuk tahun ini bukan hanya Saka yang dilibatkan dalam kegiatan peransaka, akan tetap Kwarda Jabar juga mewadahi Satuan Komunitas (Sako) dan Gugus Darma,” ujar Kak Deni.

Lebih lanjut, menurutnya Peransaka Jawa Barat merupakan kegiatan Peransaka terbesar di Indonesia lantaran diikuti oleh sebanyak 2500 peserta yang terdiri dari perwakilan Saka dan Kwarcab yang ada di Jabar.

“Kami berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Kemudian harus riang gembira,” ucapnya.

Ditambahkannya, dalam kegiatan peransaka juga banyak sekali kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta, pimpinan kontingem dan juga pembina pendamping. Diantaranya kegiatan pengetahuan kesakaan, Budaya, Wawasan, Prestasi, Outdor Activity, Fun Sport, dan lainya.

Diketahui, dalam acara pembukaan Peran Saka Jabar juga dihadiri oleh para Pinsaka tingkat Cabang maupun tingkat Daerah di Jabar.

Selain itu, hadir juga Saka, Sako dan Gugus Darma diantaranya Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Wanabakti, Saka Kalpataru, Saka Dirgantara, Saka Bhakti Husada, Saka Tarunabumi, Saka Kencana, Saka Amal Bakti, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Rintisan Sar, Adyasta Pemilu, Saka BPOM dan Sako Ma’arif Nu, Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN), Sako Sekolah Islam Terpadu (SIT) serta Sako Pasundan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button