PeristiwaSosialTanjungmedar

Warga Kecamatan Tanjungmedar Gotong Royong Perbaiki Jalan Pasirhuni-Jingkang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Warga masyarakat sekitar ruas jalan Pasirhuni-Jingkang Kecamatan Tanjungmedar gotong royong perbaiki jalan berlubang, hal tersebut disampaikan oleh salah satu warga Desa Sukatani, Yusep Cevi (45) , ia mengatakan bahwa kegiatan perbaikan jalan tersebut berawal dari inisiatif masyarakat di grup Whatsapp.

“Jadi a, awalnya saya membuat grup WA, dan memasukan kontak masyarakat yang punya mobil dan yang orang kota (masyarakat yang bisa dikatakan mampu secara ekonomi), dan awalnya dari saya gak ada permintaan buat perbaikan jalan,” kata Yusep ketika diwawancarai wartawan Tahu Ekspres, Rabu (5/6/2024).

Dengan inisiatif dan kesadaran dari masyarakat sekitar jalan Pasirhuni-Jingkang lanjut Yusep, tanpa dimintai iuran, masyarakat memberikan materil untuk perbaikan jalan berupa berangkal uang dan lain-lain.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Pastikan Ruas Jalan Pasirhuni - Jingkang Diperbaiki APBD Perubahan Tahun 2024

“Alhamdulillah a, tanpa masyarakat diminta ternyata masyarakat Aya nu masihan barangkal Aya nu masihan artos dan nominalnya besar a,” tambahnya.

Yusep mengatakan, dana yang sampai hari ini terkumpul sekitar kurang lebih 11 juta rupiah, jalan yang sudah mulai diperbaiki/ditambal sudah sampai blok 2, kurang lebih 10 kilometer.

“Dana dari masyarakat yang sudah terkumpul kurang lebih 11 jutaan a, jalan anu tos di saeur mah, atos dugikeun ka blok 2, nya sekitar 10 kilometer kurang lebih na mah, dan sekarang yang kami masayarakat targetkan perbaikannya antara batas Desa Sukatani, panjang jalanna 2 kilometer,” ucapnya.

Yusep juga mengatakan jalan yang diperbaiki merupakan jalan yang menanjak, termasuk jalan rusak yang sempat mengakibatkan kecelakan dan memakan korban jiwa.

Baca Juga :  Jalan Rusak Telan Korban Jiwa, DPRD Sumedang Minta Pemkab Turun Tangan

“Terus jalan yang selanjutnya, dipilhan a seperti jalan tanjakan di Dusun Amis, terus jalan tanjakan Desa Jingkang, termasuk yang di targetkan teh yang ada kecelakaann tea, eta bade di cor, janten eta panginten a,” tambah Yusep.

Terakhir Yusep mengungkapkan harapannya, agar pemerintah segera memperbaiki jalan Pasirhuni-Jingkang, karena jalan tersebut bukan satu tahun atau dua tahun tidak diperbaiki, dan Yusep mengatakan jalan tersebut merupakan kedua kalinya diperbaiki lewat swadaya masyarakat.

“Harapan kami dari masyarakat, secepat lah a, kumargi jalan ini teh sanes sataun dua tahun, dan inisiatif swadaya masyarakat teh bukan tahun ini saja, tahun kemarin juga masyarakat perbaiki jalan ini juga, juga pemerintah diluar keterbatasan anggaran ya minimal ada perbaikan lah a meskipun tidak total juga, karena jika terus dibiarkan jalan yang rusak akan semakin parah rusaknya, dan perbaikan merata sampai Cisumur, tidak hanya sampai Jingkang,” ucap Yusep.

Baca Juga :  Jalan Rusak Telan Korban Jiwa, DPRD Sumedang Minta Pemkab Turun Tangan

Salah seorang warga pengguna jalan Pasirhuni-Jingkang Jaka Ramlan (27) merasakan hal positif dari yang masyarakat lakukan.

“Alhamdulillah hal positif dampak bagi pengguna jalan khususnya saya sebagai warga Kecamatan Tanjungmedar yang sering lewat jalan tersebut,” kata Jaka.

Jaka juga menyampaikan harapannya, agar pemerintah segera merespon untuk perbaikan jalan Pasirhuni-Jingkang sampai Cisumur.

“Harapan kedepan buat pemerintah khusus nya Pemda Sumedang agar segera memperbaiki jalan tersebut , bukan hanya jalan Pasirhuni-Jingkang, kalau bisa sampai Cisumur,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button