CimalakaPeristiwaSumedang

Sumedang Kembali Diguncang Gempa Susulan 2 Kali Hari Ini

Hari ini, Kamis, 23 Mei 2024, Kabupaten Sumedang kembali diguncang gempa susulan pada Jam 15.27 WIB dengan kekuatan Magnitudo 2,8 (kedalaman 14 Km) dan pada Jam 16.05 WIB dengan kekuatan M 2,3 (kedalaman 15 Km).

Sebelumnya, kurang dari seminggu, tepatnya pada hari Sabtu, 18 Mei 2024, Sumedang diguncang gempa bumi sekira Jam 02.54 WIB dengan kekuatan M 3,5 (kedalaman 4 KM).

Baca Juga :  Desa Galudra Cimalaka Menjadi Titik Pusat Gempa Sumedang Berkekuatan M 3,5

“Perlu saya laporkan juga bahwa gempa ini adalah merupakan susulan dari gempa yang terjadi beberapa hari yang lalu, jadi intensitas dan kekuatannya menurun terus,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, saat dikonfirmasi Tahu Ekspres, melalui seluler, Kamis (23/5).

Baca Juga :  Terdapat Sesar Sumedang, Kota Tahu Jadi Sering Digoyang Gempa

Sedangkan untuk titik pusat gempanya, menurut Atang, masih tetap berada di episentrum yang sama di daerah Desa Galudra Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

“Posisi gempa episentrum tetap yang kemarin, dan ini merupakan gempa susulan kemarin. Hanya kedalamannya semakin menjauh. Lempeng atau patahan atau sesar tetap pada sesar Sumedang,” kata Atang.

Baca Juga :  BPBD Pastikan Tak Ada Dampak Berarti Kala Sumedang Diguncang Gempa M 3,5

Ia menjelaskan, sampai saat ini belum ada terlaporkan adanya kerusakan dari masyarakat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button