Pemilu 2024SumedangTNI/Polri

Sambangi Kodim 0610 Sumedang, Danrem: Jaga Netralitas TNI dan Pastikan Pemilu Damai

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanagara, Kolonel Arh Rudi Ragil di dampingi Ketua Persaudaraan Isteri Tentara (Persit) KCK Koorcab Rem 062 PD III/Siliwangi Ny. Nur Indah Lucky Rahmawati melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kodim 0610/Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (12/2/2024).

Kedatangan Danrem 062/Tarumanagara disambut langsung oleh Dandim 0610 Sumedang, Letnan Kolonel Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) beserta Ketua Persit KCK Cabang XXl Kodim 0610/Sumedang Ny dr. Margaretta Gordon Rambu.

“TNI harus bersikap netral dalam politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Hal ini betul-betul harus diperhatikan. Jangan sampai ada kelengahan dan celah yang dapat menyeret kita sehingga dinilai mendukung salah satu kandidat atau Partai Politik (parpol). Terlebih, dampaknya dapat mencoreng netralitas TNI,” tegas Danrem.

Baca Juga :  Pj Sekda Sumedang: Masih Menunggu PMK RI, Realisasi DBHCHT Diperkirakan Maret 2024

Sejatinya, sambung Danrem 062 Tarumanagara, parajurit TNI dapat mengantisipasi potensi-potensi yang dapat menghambat atau menggagalkan Pemilu. Bahkan, selalu menggaungkan Pemilu damai 2024.

Danrem megatakan, bahwa PNS dan Persit memiliki hak suara, silahkan untuk memilih sesuai hati nurani masing-masing. Namun tidak ikut aktif mengarahkan masyarakat ke salah satu kandidat Calon Presiden (Capres) atau Calon Legislatif (Caleg) dan Parpol.

“Selalu bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) dengan menghindari pembahasan politik di medsos. Tidak memberikan tanggapan atau komentar, dan tidak mengupload apapun terkait dengan Pemilu 2024,” tegas Danrem.

Baca Juga :  BPBD Sumedang: Hindari Kegiatan di Aliran Sungai Saat Musim Hujan

Danrem juga menyampaikan, Babinsa yang melaksanakan pendampingan di TPS agar dikasih tanda dan di lengkapi dengan surat perintah dari pimpinan untuk menghindari dugaan keberpihakan TNI terhadap salah satu peserta Pemilu.

Danrem juga menyinggung, untuk selalu menjaga faktor keamanan dan keselamatan dalam berkerja, lakukan penghematan listrik, gas dan air (LGA). Kemudian, kendaraan dinas yang sudah diinventarisir agar selalu di rawat dan dijaga untuk menghindari kehilangan yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan. Terutama, para Babinsa yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat.

Baca Juga :  Sudah 10 Hari, BPBD Sumedang Terus Lakukan Penyedotan Genangan Air di Blok Cihamerang Rancakalong

“Lalu, bagi para istri prajurit untuk menghindari pinjaman online (Pinjol). Tidak mudah tergiur dengan proses peminjaman uang cepat. Apalagi diluar pengetahuan seorang suami,” pungkas Danrem.

Setelah pengarahan Danrem, dilaksanakan pemberian penghargaan kepada anggota terbaik Kodim 0610/Sumedang antara lain, Sertu Dede Rosadi peraih juara 1 menembak AARM, Sertu(K) Okita juara 1 Judo Piala Kasad Cup, pemberian tali asih kepada anggota TNI dan PNS yang sakit menahun, dan pemberian sembako kepada warga masyarakat pra sejahtera. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button