Pemilu 2024Sumedang

KPU Sumedang Simulasikan Tatacara Pemilu 2024 di TPS

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – 14 hari menuju Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Simulasikan Tatacara Pemungutan, Penghitungan dan Proses Rekapitulasi Perolehan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lapangan Desa Padasuka Sumedang Utara Jawa Barat (Jabar), Rabu (31/1/2024).

Kegiatan Simulasi di TPS untuk Pemilu 2024 disaksikan juga oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan unsur terkait lainnya. Bahkan, selain dihadiri langsung oleh Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi, Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono pun turut serta meninjau proses jalannya kegiatan Simulasi Pemilu.

Baca Juga :  Hiber Games and Cafe Surganya Gamers dan Pecinta Simulator Kendaraan di Sumedang

“Kegiatan simulasi Pemilu ini dilakukan se-nyata mungkin yang melibatkan sejumlah petugas TPS-nya. Kegiatan simulasi Pemilu ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB,” kata Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi.

Melalui kegiatan simulasi Pemilu itu diharapkan, anggota KPPS maupun TPS yang baru saja dilantik mendapat gambaran bagaimana tatacara proses pemungutan suara nanti saat di TPS.

Baca Juga :  Desk Pilkada DPC PKB Sumedang: Ada 4 Nama Kandidat Bakal Cabup dan Cawabup, Akan Dilaporkan Secepatnya ke DPP

“Semuanya kita simulasikan. Bahkan, bagi pemilih sudah lanjut usia (lansia) juga disimulasikan terkait bagaimana petugas pam TPS melakukan pendampingannya,” ucap Ogi.

Perlu diketahui, sambung Ogi, bagi pemilih pemula sejatinya membuat surat pernyataan ingin ada pendampingan saat pemungutan suara di TPS nanti.

Baca Juga :  Sumedang Siapkan Atlet Tarung Profesional melalui Kejuaraan Silat Bebas

“Melalui simulasi ini, kami juga ingin mengetahui berapa lama pemilih melakukan pencoblosan surat suara saat di TPS. Termasuk, berapa lama waktunya mulai dari pemungutan suara hingga rekapitulasi di TPS nanti. Setelah itu, kami akan mengevaluasi lebih jauh dan bisa mendapatkan gambarannya seperti apa,” tukas Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button