Peristiwa

Diterjang Air Sungai, TPT Sepanjang 25 Meter di Perum Grand Padasuka Ambruk

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Akibat curah hujan yang deras mengguyur sebagian besar wilayah Sumedang menyebabkan sebuah Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 25 meter ambruk diterjang arus air Sungai Cisugan yang sangat kuat.

Lokasi TPT yang ambruk tersebut berada di Lingkungan Perumahan Grand Padasuka Dusun Paseh RT 03 RW 06 Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (24/10/2022).

Informasi yang dihimpun Tahu Ekspres, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Diketahui, menurut laporan dari Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang, melalui
Kepala Pelaksana, Atang Sutarno, bahwa Sungai Cisugan merupakan anak sungai Cipeles.

“Dampak dari ambruknya TPT itu membuat akses jalan di area tersebut riskan untuk dilalui kendaraan. Terlebih, akses jalan hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua saja,” kata Atang.

Sementara itu, kata Atang, pihak BPBD Sumedang telah melakukan assement di lokasi kejadian. Bahkan, telah melakukan pemasangan garis rambu-rambu supaya masyarakat tidak terlalu mendekati TPT yang ambruk.

Tak sampai disitu, pihak BPBD Sumedang juga telah memberikan himbauan bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan sungai untuk selalu siaga dan waspada. Mengingat, kondisi debit air sungai Cisugan masih tinggi. (*)

Show More

Mamat Munandar

Mamat Munandar adalah pemilik sekaligus pendiri media Tahu Ekspres. Selain pendiri, Matmund, sapaan akrabnya, juga aktif sebagai Redaktur di Tahu Ekspres. Pengalamannya sebagai seorang jurnalis sudah sejak 2012 silam, aktif di media lokal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif juga di organisasi profesi wartawan, yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button