Kategori
Musik

Cara Memilih Audio Interface dan Mic Untuk Rekaman di Studio

Audio Interface merk Presonus Audio Box iTwo merupakan pilihan kami karena memiliki mic untuk rekaman yang handal dan mengeluarkan software sendiri untuk mengolah audionya.

Sebagai penggemar musik tentunya anda harus memiliki studio rekaman atau minimalnya memiliki alat rekam suara/bunyi. Alat rekam atau lebih sering disebut Audio Interface merupakan alat untuk mengolah bunyi analog menjadi digital.

Suara kita atau bunyi yang dihasilkan oleh alat musik pada awalnya merupakan bunyi-bunyian analog. Supaya bunyi analog ini bisa di olah dengan baik didalam komputer maka dibutuhkan suatu alat untuk menangkap bunyi-bunyian analog menjadi data digital.

Maka dibutuhkan alat rekam yang canggih untuk bisa mengolah suara supaya hasilnya bisa lebih bagus. Didunia recording, orang sering menyebutnya dengan alat Audio Interface atau Soundcard. Jadi fungsi soundcard adalah untuk mengkonversi suara analog menjadi digital, supaya bisa di olah di komputer.

Audio Inferface ini semacan alat konversi dari bunyi-bunyian analog seperti suara vokal / gitar menjadi suara digital yang bisa di olah di komputer. Kalau tidak menggunakan alat ini, maka suara yang dihasilkanpun akan jelek. Dengan bantuan alat ini, maka suara yang dihasilkan nantinya bisa lebih bagus tergantung kita mengolahnya.

Sebelum anda membeli alat ini, alangkah lebih baiknya anda mengetahui merk apa saja yang terkenal yang menjual Audio Interface.

Alangkah lebih baiknya, jika ingin membeli Audio Interface / Soundcard, beli yang ekternal, jangan yang tertanam di komputer. dan beli juga yang sudah satu paket dengan mic nya.

Mic untuk rekaman juga sangat mempengaruhi terhadap hasil suara yang di olah oleh komputer, misalkan, audio interfacenya bagus, tapi pakai mic untuk rekaman yang murahan, tetap saja nanti hasilnya kurang maksimal.

Jadi, kami menyarankan untuk membeli paket rekording saja, ada Audio Interfacenya sekaligus ada micnya dan kabelnya juga harus sepaket.

Dalam memilih Audio Interface ada tiga merk yang wajib anda ketahui, ketiga merk ini harganya tidak jauh beda.

1.PreSonus Audio Box ITwo

Harga soundcard Presonus sekitar 4-5jtan tergantung harga dollar saat anda membeli barang ini, kelebihannya kalau Presonus, selain berupa hardware, tapi juga perusahaannya membuat software khusus untuk mengolah audionya berupa Studio One, dengan membeli Presonus Audio Box iTwo ini, anda sudah dapat software Studio One Artist secara gratis.

Presonus Audio Box ada dua vers, iOne dan ITwo, bedanya terletak pada jumlah colokan mic, iOne satu colokan mic dan iTwo ada dua. Selain itu juga, untuk versi iTwo ada colokan untuk Audio USB 2.0 / iPad. Jadi ngerakamnya selain pakai komputer, tapi juga bisa pake HP / iPad dari Apple. 

2. Focusrite Scarlett 2i2

Harganya sekitar 3-4jt an, sama seperti presonus fungsinya, cuma bedanya paket Focusrite tidak memiliki software sendiri untuk mengolah hasil rekamannya. Tapi alat ini kompatible untuk software pengolah audio apapun, mulai dari Studio One (dari Presonus) atau juga Cubase (dari steinberg).

3. Behringer PODCASTUDIO

Sama seperti focusrite, behringer harganya sekitar 3-4jt an, dan Audio Interface ini tidak mengeluarkan software pengolah suara sendiri, tapi kompatible terhadap Software audio manapun.

Itulah ketiga alat rekomendasi dari kami untuk memulai rekaman di rumah. Dengan menggunakan alat sederhana di atas, anda sudah selayaknya bisa membuat musik sebagai para artist professional.

Dengan satu alat Audio Interface di atas, anda sudah bisa lebih dari cukup untuk bisa membuat lagu professional. Walaupun colokan inputnya hanya ada 2, tapi membuat lagu kan bisa satu-satu di rekamnya.

Apalagi zaman sekarang eranya serba canggih, untuk memainkan alat musik sekarang sudah ada software, jadi anda tidak harus memiliki alat musik sungguhan, tapi asal bisa menggunakan software itu anda sudah bisa menghasilkan suara musik yang handal seperti aslinya.

Tapi, perlunya alat Audio Interface di atas, kami hanya gunakan untuk merekam vokal saja, dan mastering. Karena yang namanya vokal harus di rekam secara manual, gak bisa software bikin suara kita sendiri. Untuk itu dibutuhkan alat tersebut untuk merekam suara vokal kita.

Dari ketika pilihan Alat Rekam di atas, kami menggunakan Presonus Audio Box iTwo, alasannya, karena alat itu merupakan alat paling mahal dari rekan-rekannya yang setipe, nama juga harga tidak akan membohongi kwalitas.

Selain itu juga, Presonus, selain ada hardware nya juga ada perusahaannya mengeluarkan software khusus, jadi kita gak perlu ribet untuk membeli lagi software yang dibutuhkan untuk mengolah audio yang dihasilkan oleh alat itu. Dengan adanya alat rekam dan software yang dibuat dari satu pabrik yang sama, kami harap suara yang dihasilkan juga lebih baik karena keduanya satu perusahaan, artinya keduanya sudah memahami karakter satu sama lain.

Kami juga sempat bimbang, Presonus Audio Box iOne apa iTwo yang harus dibeli? Kami putuskan untuk membeli versi iTwo dengan alasan ada dua input dan juga bisa ngerekam pakai iPod, jadi bisa ngerekam dimana saja tanpa ribet harus berada didepan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *