PemerintahanSumedang

Wabup Sumedang Wanti-Wanti Alokasi Penggunaan DBHCHT

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, H. Erwan Setiawan mewanti-wanti agar alokasi penggunaan
Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Apalagi sampai menjadi ajang bancakan yang dinilai tidak jelas penggunaannya.

“Saya berharap alokasi DBHCHT untuk Sumedang sebesar Rp 32 miliar dapat direalisasikan dengan sebaik mungkin sesuai aturan dan kebijakan pemerintah,” ucap Wabup Erwan kepada wartawan seusai membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Penggunaan DBHCHT di Sapphire City Park Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (31/5/2023).

Baca Juga :  Hj Tuti Ruswati Kembali Dilantik Penjabat Sekda Sumedang ke Tiga Kalinya

Selain itu, sambung Erwan, dirinya sudah menegaskan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi, agar mempergunakan DBHCHT sesuai dengan ketentuannya.

Bahkan, Wabup Erwan meminta kepada OPD dilingkungan Pemda Sumedang khususnya dalam pengelolaan DBHCHT membuat prioritas realisasi penggunaannya.

Baca Juga :  Diskanak Sumedang Pastikan Bantuan Ternak DBHCHT Tepat Sasaran

“DBHCHT ini bukan hadiah. Jadi, sekali lagi saya ingatkan jangan sampai menjadi bahan bancakan. Tapi ini berkat kerja keras hasil para petani tembakau untuk Sumedang. Oleh karena itu, sejatinya dikembalikan untuk kesejahteraan mereka dan masyarakat Sumedang,” tegasnya.

Erwan menuturkan bila pada tahun 2023 ini Kabupaten Sumedang menerima anggaran DBHCHT senilai Rp 32,5 miliar. Dimana dari total anggaran tersebut 50 persen anggarannya untuk kesejahteraan petani tembakau, dan 40 persen dialokasikan untuk mendanai program kesehatan.

Baca Juga :  Begini Kesiapan Sumedang Menuju ASEAN Smart City Networking

“Sedangkan 10 persennya digunakan untuk penegakan peredaran rokok ilegal. Saya beharap dapat dipergunakan dengan baik agar peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sumedang bisa dihentikan,” tukas Wabup Sumedang Erwan Setiawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button