PendidikanSumedang

Usai Dilantik Wapres RI, 1627 Praja Muda Ikuti Kegiatan Jam Pimpinan Rektor di Kampus IPDN Jatinangor

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sebanyak 1.627 orang Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru saja dilantik oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) pada 27 Juli 2023 yang lalu mengikuti kegiatan jam pimpinan Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (1/8/2023).

Kepala Biro Administrasi Hukum, Kepegawaian dan Humas IPDN, Dr. H. Arief M. Edie, M.Si mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan IPDN sebelum nantinya menyerahkan calon (ASN) yang telah dilantik ke daerahnya masing-masing.

“Hari ini Bapak Rektor berkesempatan memberikan pengarahan kepada mereka terkait dengan mekanisme tugas yang akan mereka lakukan nanti ditempat mereka mengabdi.

Para pamong praja muda ini merupakan generasi milenial, jadi mereka harus mampu mengimplementasikan teknologi dalam pekerjaannya, harus memiliki daya saing. Tadi Pak Rektor memberikan pesan-pesannya agar calon ASN ini dapat bersaing di era global yang semakin kompleks ini,” ujar Arif M. Edie.

Masih menurutnya, nantinya para calon ASN ini akan disebarkan ke daerah masing-masing setelah keluar SK dari BKN.

“Untuk saat ini mereka harus melalui proses magang salama 1 tahun sebagai calon PNS. Lulusan IPDN ini harus paham kearifan lokal, harus mampu beradaptasi dengan daerah tempat mereka mengabdi.

Saya harap mereka mampu mengenali daerahnya, bagaimana kearifan lokalnya, bagaimana mekanismenya.

Mereka juga harus mempersiapkan dari sekarang, agar nantinya setelah bekerja mereka dapat memberikan kontribusi untuk pimpinan dan pemerintah daerah tempat mereka ditugaskan. Bukan cuma sebagai tukang pos yang memberikan surat, tapi harus mampu menelaah setiap surat yang masuk dan memberikan masukan serta kontribusi untuk pimpinannya,” tutur Arif.

Masih menurutnya, para pamong praja muda diharapkan mampu cepat beradaptasi, taat azas, menguasai aspek normatif, teknologi informasi dan yang lebih penting mereka dituntut untuk dapat menjaga integritas, kedisiplinan, loyalitas, dedikasi, kemandirian dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

“Mereka harus paham tupoksi dan perencanaan pembangunan daerahnya, harus mampu mengembangkan kerjasama, inovasi, kreatifitas dan dapat bersikap responsif. Tunjukan kredibilitas kalian sebagai lulusan IPDN yang mampu melakukan terobosan, memberikan ide gagasan untuk mempercepat pelaksanaan tugas maupun pelayanan pada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Arief M. Edie bersama rekan-rekan media yang meliput kegiatan pembekalan meninjau fasilitas stadion IPDN terkait dengan rencana FIFA dan PSSI menunjuk stadion sepak bola milik IPDN sebagai tempat berlatih peserta Piala Dunia U-17.

“FIFA rutin mengecek, rencananya lapangan ini akan dijadikan tempat untuk training peserta Piala Dunia U-17. Maka sampai sejauh ini kita terus menjaga sarana dan prasarana IPDN dalam kondisi baik,” ujarnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button