Pemerintahan

Sekarwangi Berkomitmen Jadi Desa Bersinar di Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Seluruh perangkat Desa Sekarwangi, unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) hingga tokoh masyarakat mengikuti Pelatihan dan Penyuluhan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang, AKBP Hery Sudrajat di Aula Kantor Desa Sekarwangi Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (21/12/2022).

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang, AKBP Hery Sudrajat menyatakan, bahwa BNKK Sumedang terus intens menyosialisasikan dan memberikan penyuluhan terkait program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang diinisiasi oleh BNN sampai ke tingkat Pemerintahan desa (Pemdes) melalui program Desa Bersinar.

Baca Juga :  Penggunaan DBHCHT di Sumedang Berikan Dampak Positif Sejahterakan Masyarakat

“Program P4GN yang terus dikembangkan oleh BNNK Sumedang sendiri dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu, salahsatunya melalui program Desa Bersinar,” ujar Hery.

Menurut Hery, sosialisasi dan penyuluhan terkait bahaya narkoba tersebut menyasar ke semua pihak dan lapisan masyarakat.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi ini. Mengingat program P4GN merupakan media strategis guna menanamkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Sejauh ini, kegiatan P4GN melalui program Desa Bersinar di Sumedang dinilai berjalan dengan baik. Meskipun perlu adanya peningkatan pada tahun 2023 nanti. Yang diharapakan, dapat meningkatkan daya tangkal masyarakat ditingkat desa dari pengaruh narkoba,” tuturnya.

Baca Juga :  Bersumber dari DBHCHT, Buruh Tani Tembakau di Sumedang Akan Mendapat Bantuan Bibit Hewan Ternak

Lebih dari itu, imbuh Hery, dirinya mengapresiasi Desa Sekarwangi yang menginisiasi secara mandiri tanpa sokongan anggaran dari BNNK Sumedang.

“Kami juga mengharapkan desa lain dapat mencontoh desa Sekarwangi. Sebab, ditahun 2022 ini untuk Sumedang sendiri hanya ada satu desa yang biayai dari BNN terkait pelaksanaan program Desa Bersinar P4GN yakni, Desa Cihanjuang Cimanggung. Adapun desa yang lainnya dilakukan secara mandiri oleh desa masing-masing,” ucapnya.

Ia mengharapkan, sejatinya sebanyak 277 Desa/Kelurahan se-Sumedang dapat menggelar kegiatan Pelatihan dan Penyuluhan Desa Bersinar P4GN.

Baca Juga :  Panwaslu Tanjungsari Sumedang Optimalkan Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Sampai ke TPS

Di kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Sekarwangi, Ade Nanan menyatakan, sangatlah penting jika semua pihak termasuk perangkat desa Sekarwangi dapat memahami akan bahaya narkoba melalui program Desa Bersinar.

“Nah, jika semuanya telah mengetahui, memahami dan menyadari tentunya akan ada kesadaran yang penuh dalam hati untuk bersama-sama memberantas narkoba.

Jadi, melalui program Desa Bersinar ini diharapkan menjadi komitmen bersama. Terlebih, jadi salahsatu bagian yang ikut serta memerangi terhadap narkoba, ikut memberantas narkoba dan ikut mencegah peredaran narkoba,” pungkas Kades Sekarwangi, Ade Nanan. (*)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button