Sosial

Pasca Banjir Bandang, Kodim 0610 Sumedang Salurkan Bantuan dan Siagakan Personil di Desa Sawahdadap

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0610/Sumedang mengirimkan bantuan untuk korban banjir bandang di Desa Sawahdadap Cimanggung Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (21/12/2022).

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Dandim 0610 Letkol Infanteri Hendrix Fahlevi Rangkuti bersama Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXI Dim 0610/Sumedang Koorcab Rem 062 PD Dam III/Siliwangi.

Dandim mengatakan, selain untuk meninjau para pengungsi dan lokasi bencana, kehadirannya tersebut dalam rangka memberikan bantuan bagi warga terdampak bencana.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Peduli Kemanusiaan, Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Angin Puting Beliung

“Kami ingin mengetahui kebutuhan apa saja yang paling utama dan mendesak untuk para pengungsi disini. Mengingat beberapa waktu lalu, saat saya datang mereka membutuhkan selimut, dan makanan siap saji. Oleh karena itu, hari ini kami membawa kebutuhan- kebutuhan yang mereka perlukan,” jelasnya.

Dandim mengatakan, terkait upaya penanganan bencana kedepannya, TNI AD khususnya Kodim 0610 Sumedang selalu bersinergi dengan Polri, BPBD dan seluruh dinas terkait dalam penanganan bencana di Cimanggung.

Baca Juga :  Wacana Revitalisasi Pasar Cimanggung Diapresiasi Pj Bupati Sumedang

“Saat ini, kami siagakan personil satuan setingkat pleton untuk membantu pembersihan lumpur maupun material lainnya yang menimbun saluran air,” ucap Dandim.

Selain itu, ia melanjutkan, Forkopimda Kabupaten Sumedang menyepakati untuk memberlakukan Darurat Bencana selama satu minggu kedepan.

Baca Juga :  Masa Tanggap Darurat Bencana Angin Puting Beliung Segera Berakhir, Pemda Sumedang Pastikan Kebutuhan Warga Terdampak Terpenuhi

Dirinya berharap, beberapa hari kedepan normalisasi saluran air dan pembersihan material serta lumpur dapat terselesaikan. Sehingga, warga dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

“Semoga dengan partisipasi aktif dari seluruh komponen baik itu TNI, Polri, BPBD, dinas terkait dan relawan, bencana ini dapat teratasi. Terlebih, warga juga dapat kembali ke tempat tinggalnya masing-masing,” pungkas Dandim 0610 Sumedang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button