Kategori
Islam

Satu Masjid Melahirkan Satu Tokoh

Rasulullah saw. hijrah dari Makkah menuju Madinah yang pertama kali dibangun adalah masjid, masjid sebagai sentral pembinaan umat muslim.

Rasulullah saw. hijrah dari Makkah menuju Madinah yang pertama kali dibangun adalah masjid, masjid sebagai sentral pembinaan umat muslim. Dari sinilah Rasulullah saw. Menempa / mentarbiyah para sahabatnya seperti Abu Bakar Shidiq RA, Umar Bin Khattab R.A, Ustman Bin Affan R.A, Ali Bin Abi Thalib R.A dari para sahabat itulah hingga melahirkan negarawan – negarawan muslim yang sangat fenomenal. Ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran masjid sebagai pondasi utama dalam menyatukan umat Islam sehingga dapat memberikan pengaruhnya ke berbagai penjuru dunia.

Masjid Nusantara
Masjid Nusantara

Masjid Nabawi yang dibangun oleh Rasulullah saw. menjadi saksi sejarah umat manusia, Betapa pentingnya peran masjid tidak hanya difungsikan sebagai pusat aktivitas keagamaan tetapi juga sebagai tempat kegiatan sosial kemasyarakatan. Masjid Nabawi telah menjadi simbol peradaban umat Islam. Kini, jika umat Islam Indonesia dapat mengoptimalkan fungsi peran masjid yang ada maka dapat dipastikan krisis kepemimpinan akan teratasi..

jika masalah itu terus menerus dibiarkan maka akan menghambat pemenuhan kebutuhan melahirkan seorang muslim negarawan untuk negeri yang krisis kepemimpinan ini, semangat umat islam di indonesia untuk membangun masjid sangat diapresiasi tapi harus kita akui bahwa semangat itu belum cukup jika kita tidak diikuti dengan semangat membangun mental character atau character building kepemimpinan umat muslim, disinilah dibutuhkan kepedulian oleh umat islam untuk mengoptimalkan fungsi peran puluhan ribu masjid yang ada di nusantara ini, melahirkan muslim negarawan / tokoh-tokoh yang berkualitas melalui masjid ini, untuk indonesia menjadi bagian dari tanggung jawab kita bersama

Masjid adalah tempat melahirkan muslim negarawan dan tokoh terbaik, Jika kita memiliki 800.000 masjid atau mushola di seluruh indonesia, maka kalau satu masjid menghasilkan satu tokoh berkualitas dan berintegritas sebagai muslim negarawan, maka melalui tokoh terbaik itu kita punya stock kepemimpinan muslim negarawan 800.000 di seluruh indonesia melalui masjid, hal ini sangat mencukupi menyiapkan presiden, wakil presiden, Gubernur, Bupati, Wali kota, Menteri-menteri terbaik melalui masjid, sehingga krisis kepemimpinan di negeri kita tercinta terselesaikan.

Oleh : Hilman Abdul Rachman S.Hum (Program Management Masjid Nusantara, Mahasiswa Pascasarjana Management SDM STIE UNSAP Sumedang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *