Kategori
Uncategorized

Rumah Zakat Rangkul Pemuda Tani Desa Kertamukti Kembangkan Bisnis Timun

Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya di Desa Kertamukti menggulirkan program Petani Berdaya di Dusun Sindangjaya.

Sumedang,- Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya di Desa Kertamukti menggulirkan  program Petani Berdaya di Dusun Sindangjaya.

Program Petani Berdaya ini merupakan program lanjutan dari Rumah Zakat yang sebelumnya telah dilakukan program yang sama dan cukup berhasil. “Sebelumnya telah memiliki 3 anggota dilaksanakan program yang sama, dan dirasa cukup berhasil,” kata Dudun Durrohim, Relawan Inspirasi Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang, Sabtu (20/7).

Indikator keberhasilannya, kata Dudun, dapat dilihat dari tingginya animo masyarakat khususnya para pemuda untuk bermitra dengan Rumah Zakat melalui program petani berdayanya.

“Sebelumnya hanya tiga orang kini bertambah menjadi enam orang anggota baru,” tuturnya.

Disamping itu, menurut Dadan, salah satu penerima manfaat dari program ini berkata, faktor yang menarik dari program ini adalah dengan disiapkannya sarana dan prasaran pertanian, berupa bibit, mulsa, obat-obatan, dan juga bimbingan teknis pertanian dari orang-orang yang berpengalaman.

“Relawan Inspirasi tidak hanya menganjurkan menanam, namun telah mempersiapkan Pasarnya juga, sehingga petani tidak merasa khawatir barangnya tidak ada yang membeli,” katanya.

Adapun prodak unggulan sementara dari Program Petani Berdaya di Dusun Sindangjaya ini adalah Timun Lalab, saat ini dipasaran harganya mencapai Rp. 8.000 per Kg.

Masih di tempat yang sama, Sujana, seorang penerima manfaat sebelumnya mengatakan, rasa terima kasih kepada Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya yang telah mensuport kegiatan pertanian di wilayahnya dan ia juga mendo’akan semoga para donator mendapat balasan dari Allah yang lebih baik lagi.

Untuk meningkatkan kesejahteraan dan dukungan permodalan yang lebih besar, kedepannya para pemuda ini akan dibentuk kelompok tani muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *