Kategori
Politik

Reses Perdana, Kang RinSo Optimis Cetak Desa Sukses di Dapilnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat XI (Sumedang, Majalengka, Subang), Ridwan Solichin, dalam Reses perdananya optimis bisa mencetak Desa Sukses di Dapilnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat XI (Sumedang, Majalengka, Subang), Ridwan Solichin, dalam Reses perdananya optimis bisa mencetak Desa Sukses di Dapilnya.

Reses yang dilaksanakan pada tanggal 2-11 Desember ini, bertujuan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. “Reses ini hampir sama fungsinya dengan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang ada di desa-desa,” ucap Kang RinSo saat Reses di Desa Darmaraja, Rabu (11/12).

Untuk itu, Kata Kang RinSo, sapaan akrab Ridwan Solichin, melalui Reses ini, usulan program dari masyarakat memiliki kekuatan hukum yang sama dengan usulan saat Musrenbang. Hanya saja, ia menambahkan, kalau Musrenbang melalui Desa, Kecamatan, Kabupaten dan instansi seterusnya. Kalau Reses, usulannya masuk langsung ke Anggota Dewan.

Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang baru, Kang RinSo duduk di Komisi I, yang membidangi soal pemerintahan, salah satunya adalah pemerintahan Desa.

Sejak 2010, dirinya sudah membangun Gerakan Desa Sukses, yaitu suatu gerakan yang konses untuk membina Desa supaya Desa itu bisa Sejahtera, Unggul, Kreatif, Sehat dan Agamis.

Terlebih saat ini, dirinya duduk di Komisi 1 yang membidangi masalah Desa. Dalam Reses perdananya ia selalu menyampaikan ‘Kalau Jabar ingin Juara Lahir dan Bathin, maka Desanya dulu harus juara lahir bathin’. Maka dari itu, ia beranggapan, melalui program Desa Sukses yang digagasnya, bisa mewujudkan Jabar Juara Lahir dan Bathin dimulai dari Desa.

Salah satu bentuk nyata untuk membangun Desa Sukses, ia menyatakan, ada anggaran dari Provinsi Jawa Barat untuk Desa berupa bantuan keuangan Desa. Bantuan ini, kata dia, nantinya bisa di akses oleh Desa-desa yang ingin menjadi binaan ‘Gerakan Desa Sukses’.

Salah satu peserta reses yang hadir, Erlangga Destryara, menyampaikan apresiasinya terkait Gerakan Desa Sukses. Menurutnya sebagai Anggota Dewan, Kang RinSo mampu berinisiatif untuk terlibat langsung membina desa. “Jadi tidak sekedar manampung aspirasi, kemudian dibantu anggaran, tidak sebatas itu, tapi terus dibina melalui Gerakan Desa Sukses,” katanya.

Ia menambahkan, akan mendukung program ini dan semoga cepat terealisasi agar desa-desa yang menjadi binaan Kang RinSo semakin maju.

Satu tanggapan untuk “Reses Perdana, Kang RinSo Optimis Cetak Desa Sukses di Dapilnya”

Mantap kang hji Rinso….insya Alloh semoga terealisasi…..Kade Daarussalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *