Teknologi

PLN Sumedang Luncurkan Stasion Pengisian Batre Mobil Listrik

Ada tiga titik lokasi PKLU, yang disediakan PLN, pertama di Kantor PLN UP3 Sumedang, kedua di Tanjungsari dan yang ke tiga di jalan Palasari dekat Rumah Sakit.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau menyediakan tempat bagi mobil listrik untuk melakukan charging jika habis batre, Kamis (27/10).

Lokasi SPKLU yang diresmikan ini berempat di depan Kantor PLN UP3 Sumedang, Jl. Prabu Gajah Agung, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Pantauan Tahu Ekspres dilokasi, SPKLU di Sumedang dikhususkan untuk mobil listrik, ada dua jenis charger, yang biasa dan juga fast charging.

Untuk biaya persatu kali charging dikenakan tarik Rp. 2.400/KWh. Jenis mobil yang dipamerkan yang juga bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-77 ini adalah Merk Wuling Tipe AIR EV 200 KM yang dibandrol harga Rp. 242.900.000 dan AIR EV 300 KM dengan harga Rp. 300.000.000.

Mobil ini memiliki daya batre 26 KWh, jadi kalau di isi full mulai dari nol memakan biaya Rp. 62.400.

Mobil listrik merk Wuling yang dipamerkan saat Hari Listrik Nasional ke-77 di Kantor PLN UP3 Sumedang

Ketika pemilik mobil melakukan charging di SPKLU memakan waktu 4 Jam lamanya untuk batre terisi penuh mulai dari nol, itu jika menggunakan SPKLU yang biasa. Jika fast charging cukup memakan waktu 2 jam lamanya.

Peguna juga tidak perlu khawatir jika jarak rumah jauh dari SPKLU, mobil listrik bisa juga di charging di rumah, dengan syarat daya listrik dirumah minimal 2.000 watt, memakan waktu 8 jam lamanya untuk melakukan charging mulai dari nol hingga terisi penuh.

Bupati Sumedang bersama Forkopimda mencoba mobil listrik merk Wuling

Untuk jarak tempuh mobil listrik merk Wuling yang dipamerkan, bisa mencapai 200-300 KM jika batre terisi penuh.

Selain mobil, ada juga motor listrik yang dipamerkan, merk U-Winfly, dengan bandrol harga Rp. 10-14 Jutaan.

Kadishub Sumedang, Tono Suhartono, saat mencoba motor listrik di Halaman Kantor PLN UP3 Sumedang

Motor memiliki daya 1,4-2 KWh, untuk masalah charging, motor listrik tidak bisa di SPKLU milik PLN UP3 Sumedang, akan tetapi bisa di charging di rumah, dengan syarat kondisi listrik di rumah di atas 950 Watt, disarankan 1.200 watt.

Sekali charging untuk motor listrik memakan waktu 7-8 jam batre terisi penuh mulai dari nol. Untuk jarak tempuh 50 KM jika batre terisi penuh.

Bupati Sumedang saat melakukan charging di SPKLU depan Kantor PLN UP3 Sumedang

Manager PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto, menyebutkan, ada tiga titik lokasi PKLU, yang disediakan PLN, pertama di Kantor PLN UP3 Sumedang, kedua di Tanjungsari dan yang ke tiga di jalan Palasari dekat Rumah Sakit.

“Tapi tidak menutup kemungkinan kedepanya kita bisa memfasilitasi pihak swasta yang mau membangun SPKLU karena itu sudah ada aturannya,” katanya

Show More

Mamat Munandar

Mamat Munandar adalah pemilik sekaligus pendiri media Tahu Ekspres. Selain pendiri, Matmund, sapaan akrabnya, juga aktif sebagai Redaktur di Tahu Ekspres. Pengalamannya sebagai seorang jurnalis sudah sejak 2012 silam, aktif di media lokal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif juga di organisasi profesi wartawan, yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button