Pemilu 2024Politik

PKS jadi Partai Pertama yang Mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Sumedang untuk Pileg 2024

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumedang menjadi Partai Politik (Parpol) pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang untuk Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, Senin (8/5).

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, saat konferensi pers di Gedung KPU Sumedang. “KPU Kabupaten Sumedang menerima pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Sumedang untuk Pemilu Tahun 2024 dari partai PKS. PKS adalah partai pertama yang mengajukan bakal calonnya,” kata Ogi.

Menurutnya, tahapan pengajuan pendaftaran Bacaleg ini mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 14 Mei. Hari ini, kata Ogi, adalah hari pertama partai politik mengajukan pendaftaran.

“Jadi nanti setelah ini informasinya akan ada Partai Nasdem ditanggal 10 kemudian juga ada PDI Perjuangan di tanggal 11 kemudian Demokrat di tanggal 14. selebihnya belum ada informasi kapan partai politik akan mengajukan bakal calonnya ke KPU Kabupaten Sumedang,” kata Ogi.

Baca Juga :  KPU Sumedang Umumkan Hasil Seleksi Calon PPK Terpilih untuk Pilkada Tahun 2024

Ogi berharap Partai Politik bisa mengajukan bakal calon nya lebih awal sebelum tanggal 13 Mei supaya nanti dalam melakukan pengecekan pemberkasan bisa selesai lebih cepat.

Masih ditempat yang sama, Yana Flandriana, selaku Ketua DPD PKS Sumedang, mengatakan, pemilihan tanggal 8 Mei partainya untuk mengajukan pendaftaran ke KPU merupakan intruksi DPP PKS, mengingat partai berlambang bulan sabit kembar ini merupakan Parpol yang memiliki nomor urut 8.

“Untuk Kabupaten Sumedang sendiri dari 50 Bacaleg yang kami daftarkan, alhamdulillah sudah memenuhi kuota keterwakilan perempuan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023,” kata Yana.

Baca Juga :  Sah! Kang RinSo Calon Satu-satunya yang Diusung PKS untuk Maju di Pilkada Sumedang 2024

Yana menjelaskan, sebagai gambaran, dari 50 Bacaleg yang didaftarkan hari ini ke KPU Sumedang, ada sekitar 22 orang yang usianya di bawah 40 tahun. Dalam arti, lanjut Yana, mereka masih berusia muda dan memiliki energi yang sangat luar biasa untuk memberikan peran yang lebih di tengah-tengah masyarakat.

“Dari 22 orang tadi juga itu kurang lebih ada sekitar 6 atau 7 orang itu di antara Bacaleg kami masih di bawah 30 tahun, mereka anak-anak muda yang tentu masih memiliki semangat yang luar biasa untuk memberikan kontribusi di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Kemudian Yana menjelaskan, dari sisi sebaran Bacalegnya yang didaftarkan hari ini. Dari 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, PKS mampu menghantarkan Bacaleg putra daerah kurang lebih 85% dari kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. 85% Kecamatan yang ada di Sumedang, menurut Yana, kurang lebih 22-23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang itu ada Bacaleg PKS putra daerah yang berasal dari Kecamatan yang bersangkutan.

Baca Juga :  Caleg Terpilih Tersandung Kasus Dugaan Korupsi, Ini Kata KPU Sumedang

“Ini tentu harapan kami dengan hadirnya bacaleg-bacaleg PKS dari putra daerah, masyarakat setempat bisa mengambil aspirasi yang lebih dan juga memperjuangkan aspirasi masyarakat nantinya diranah legislatif DPRD Kabupaten Sumedang,” katanya.

Yana berharap, Bacalegnya yang didaftarkan hari ini mampu memberikan kemaslahatan yang bisa optimal bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button