Politik

Perolehan Suara PKS Sumedang 25 Tahun Terakhir Alami Kenaikan Signifikan

Kehadiran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Sumedang bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, pasca era reformasi meletus Tahun 1998, mulai bermunculan partai-partai baru di Negeri ini. Salah satunya Partai Keadilan (PK) yang menjadi cikal bakal berdirinya PKS, di Sumedang, pada saat Pemilihan Umum (Pemilu)Tahun 1999, Partai Keadilan memperoleh 1 Kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang, dengan wakilnya Ust. Dedi Ambara, sebagai ketua PK Sumedang saat itu.

Pada Pemilu Tahun 2004, PK berubah nama menjadi PKS, perubahan nama ini membawa dampak sangat signifikan pada partai berlambang bulan sabit ini. PKS berhasil menghantarkan 5 kader terbaiknya duduk di kursi DPRD Sumedang dengan perolehan suara 40.958 (6,62%).

Baca Juga :  PKS Berbagi untuk Korban Angin Puting Beliung di Sumedang
Perolehan suara PKS Sumedang dari masa ke masa. (Dok. Sekretariat DPD PKS Sumedang)

Kemudian di Pemilu Tahun 2009, sistem politik Indonesia berubah drastis menjadi sistem Pemilu terbuka, siapapun bisa jadi anggota dewan asalkan paling banyak pemilihnya sesuai dengan kuota kursi yang disediakan per Dapilnya.

PKS Sumedang berhasil menaikan jumlah kursinya menjadi 6 kursi di DPRD Sumedang dengan perolehan suara 40.007 (6,84%). Meskipun mengalami sedikit penurunan jumlah suara dari Pemilu sebelumnya, akan tetapi jika dilihat dari persentasenya mengalami kenaikan dibandingkan dengan keseluruhan jumlah suara sah yang ada saat itu.

Persentase perolehan suara PKS Sumedang dari masa ke masa. (Dok. Sekretariat DPD PKS Sumedang)
Baca Juga :  PKS Berbagi untuk Korban Angin Puting Beliung di Sumedang

Pada Pemilu Tahun 2014, PKS masih mendapatkan 6 kursi DPRD Sumedang dengan perolehan suara 46.879 (7,36%), namun saat itu mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD Sumedang yang menjabat Ust. Ade Rucita Hudaya.

Pemilu Tahun 2019, PKS Sumedang alami kenaikan suara cukup signifikan menjadi 62.415 (9,30%) namun masih tetap mendapatkan 6 kursi. Bahkan pada saat itu, PKS di DPRD Sumedang tidak lagi mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD Sumedang sebagaimana pada Pemilu sebelumnya.

Perolehan jumlah kursi PKS Sumedang dari masa ke masa. (Dok. Sekretariat DPD PKS Sumedang)

Pada Pemilu hari ini, di Tahun 2024 yang baru saja digelar. PKS Sumedang menorehkan sejarah baru selama kurun waktu 25 Tahun terakhir. Perolehan suara PKS mengalami kenaikan yang sangat signifikan, bukan hanya sebatas perolehan suara, tapi perolehan kursi PKS juga pecah telur setelah 3 periode tetap mendapatkan 6 kursi, hari ini PKS dapat 7 kursi DPRD Sumedang dari keseluruhan Daerah Pemilihan (Dapil) yang hanya ada 6.

Baca Juga :  PKS Berbagi untuk Korban Angin Puting Beliung di Sumedang

Artinya, PKS Sumedang hari ini telah menorehkan sejarah baru karena ada 1 Dapil yang mendapatkan jatah 2 kursi yaitu di Dapil 4 (Wado, Cibugel, Situraja, Cisitu dan Darmaraja). Padahal sebelumnya, dari 3 periode yang lalu, PKS hanya bisa memperoleh 1 Dapil 1 kursi.

Data tersebut diperoleh Tim Tahu Ekspres dari kantor Kesekretariatan DPD PKS Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button