Politik

Prediksi Pasangan Calon Bupati Sumedang Pasca Pemilu Tahun 2024

Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Sumedang Tahun 2024 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah berhasil menuntaskan rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Sumedang.

Adapun hasilnya, pada Pemilu Tahun 2024, Partai Golongan Karya (Golkar) berada dipuncak dengan perolehan 10 Kursi DPRD Sumedang periode 2024-2029. Kemudian disusul PDIP 8 Kursi, PPP/Gerindra/PKS masing-masing 7 Kursi, PKB 6 kursi, PAN 4 kursi dan Partai Demokrat 1 kursi.

Melihat hasil Pemilu Tahun 2024, hanya Partai Golkar yang bisa mengusung Calon sendiri tanpa koalisi untuk maju di Pemilihan Bupati pada Bulan November 2024 mendatang. Sedangkan partai lain harus berkoalisi karena minimal tiket untuk dapat mengusung pasangan Calon Bupati Sumedang adalah minimal 10 kursi DPRD Sumedang.

Baca Juga :  PKS Angkat Bicara Terkait Nota Kesepahaman Golkar - PDIP Jelang Pilkada Sumedang 2024

Pengurus Lembaga Study (LS) Visi Nusantara (Vinus) Jawa Barat, Ade Sunarya, menyoroti peta politik pasca hasil Pileg untuk Pemilihan Bupati Sumedang Tahun 2024. Menurutnya, kalau melihat prediksi komposisi raihan kursi maka hanya satu partai (Golkar) saja yang dapat mengusung pasangan calon tanpa bergabung dengan partai lain. Sedangkan hingga saat ini sudah santer bakal calon Bupati Sumedang yang telah memperkenalkan diri ke publik sepertiĀ  Dony Ahmad Munir (PPP) dan Erwan Setiawan (Golkar).

“Beberapa partai pun diprediksi bakal mengusung kader terbaiknya diantaranya; seperti PDIP mengusung Irwansyah Putra, Gerindra mengusung Heri Ukasah, dan tidak menutup kemungkinan dari partai lain pun mengusung tokoh dari internal maupun eksternal partai,” kata Ade kepada Tahu Ekspres, Selasa (12/3).

Baca Juga :  PKS Bentuk Satgas Jabar Putih untuk Menangkan Pilkada Sumedang 2024

Ia menilai, poros koalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2024 dapat dijadikan acuan dalam memprediksi poros koalisi Pilkada Sumedang. Jika demikian maka dalam Pilkada Sumedang diprediksi bakalan muncul tiga poros gabungan partai yang mengusung pasangan calon.

Pertama, Dony Ahmad Munir dan Irwansyah Putra diusung PPP (7 kursi) dan PDIP (8 kursi). Kedua, Erwan Setiawan dan Heri Ukasah diusung Golkar (10 kursi) dan Gerindra (7 kursi), ditambah PAN (4 kursi) dan Demokrat (1 kursi). Ketiga, pasangan yang diusung oleh gabungan PKS (7 kursi) dan PKB (6 kursi).

Sebagai informasi, Dony Ahmad Munir merupakan mantan Bupati Sumedang periode 2018-2023 saat ini menjabat sebagai pengurus pusat PPP. Erwan Setiawan merupakan Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 saat ini menjadi kader Partai Golkar. Irwansyah Putra merupakan ketua DPRD Sumedang periode 2019-2024, saat ini juga menjabat sebagai ketua PDIP Sumedang. Sedangkan Heri Ukasah merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024, saat ini ketua Partai Gerindra Sumedang.

Baca Juga :  PDIP, PKS dan Golkar Resmi Bangun Koalisi Besar untuk Pilkada Sumedang Tahun 2024

“Pasangan calon yang bakal diusung oleh gabungan PKS dan PKB masih menyisakan teka-teki, dan tentunya poros ini masih bersifat dinamis,” terang Ade.

Rencananya, menurut Ade, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumedang akan dilaksanakan pada Bulan November 2024 berbarengan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button