Politik

Pentingnya Pelatihan Saksi Bagi Peserta Pemilu Tahun 2024 di Sumedang

Mengingat betapa pentingnya seorang saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Workshop Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024 di Aula Kampus UPI Sumedang, Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Rabu (7/2).

Adapun perwakilan peserta terdiri dari Saksi Calon Anggota DPD RI, Partai Politik dan juga saksi dari Calon Presiden/Wakil Presiden yang total keseluruhan peserta sejumlah 708 orang.

Baca Juga :  18 Hari Jelang Pemilu, KPU Sumedang Lantik KPPS dan Lakukan Aksi Penanaman Pohon Serentak

Menurut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sumedang, Luli Rusli, pelatihan saksi ini merupakan kolaborasi antara Bawaslu dengan peserta Pemilu untuk bersama-sama mengawasi proses Pemilu hang akan dihelat pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga :  Awasi Money Politic, Panwaslu Sumedang Selatan Siaga 24 Jam

“Personel kita terbatas. Jadi para saksi Pemilu ini dapat ikut andil di TPS dalam mengawasi, mengamankan suaranya, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecurangan, mekanisme yang salah dan segala potensi lainnya yang bisa saja terjadi saat proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Itulah pentingnya pelatihan bagi para saksi Pemilu paham akan mekanisme,” kata Luli.

Baca Juga :  Masa Kampanye Pemilu 2024, Panwaslu Tanjungsari Sumedang Temukan Pelanggaran Terkait Zona Pemasangan APK

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para saksi memiliki pengetahuan proses pemungutan dan perhitungan suara, dari mulai pembukaan yang dilaksanakan KPPS hingga hasil penghitungan suara. Saksi juga dapat mengikuti pemeriksaan perlengkapan dan alat-alat yang ada di dalam kotak suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button