KulinerSumedang

Momentum HJS ke-445, Hanya 15 Menit Bakso Lingga Ludes Diserbu Warga Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sumedang (HJS) ke-445, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKMPP) suguhkan kreasi unik berupa Bakso Lingga yang didalamnya terdapat 445 bakso bulat ukuran kecil.

“Kreasi unik persembahan dari Diskop UKMPP yakni, dibuatnya bakso berbentuk Tumpeng Lingga yang berisikan 445 butir bakso bulat. Ini merupakan hasil kerjasama dengan Bakso Yamin Pansos,” ujar Kepala Diskop UKMPP Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa kepada wartawan di Alun alun Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (10/5/2023).

Baca Juga :  Imbas Diterjang Angin Puting Beliung, Ribuan Karyawan Diliburkan dan 22 Gedung di PT Kahatex Sumedang Porak Poranda

Bakso tersebut, sambung Hari, dihadirkan dan dapat dinikmati langsung oleh masyarakat yang hadir di Alun-alun Sumedang.

“Bakso ini dibuat karena terinspirasi dengan peringatan HJS ke-445. Bakso ini juga terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, daging yang berat dan takaran bahannya disesuaikan. Bahkan, jumlah cabainya pun diperkirakan sekitar 445 biji,” katanya.

Hari berharap dengan inovasi bakso yang dibuat oleh Bakso Yamin Pansos itu, dapat berdampak meningkatkan ekonomi UMKM di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Kepala Sekolah di Sumedang Ikuti Gathering Edutainment Pendidikan Teknologi Seni dan Inovasi

“Yamin Pansos merupakan salah satu UMKM kuliner unggulan di Kabupaten Sumedang. Dan inovasi ini diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk meningkatnya perekonomian UMKM melalui peringatan HJS ke-445,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Owner Yamin Pansos, Meilani mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam pembuatan Bakso Lingga dengan isi 445 biji bakso berukuran kecil.

“Dalam pembuatannya saya mencoba mencari yang ikonik di Kabupaten Sumedang dan terpilihlah Monumen Lingga sebagai salah satu benda ikonik. Sehingga, dibuatlah baso berbentuk Monumen Lingga,” ucapnya.

Baca Juga :  Begini Pesan PLH Bupati Sumedang di Acara Halal Bi Halal IKPTK

Baso tersebut, sambung Meilani, memiliki berat kurang lebih 10 kg dan di dalamnya berisikan 445 biju bakso kecil sesuai dengan Hari Jadi Sumedang yang ke-445.

“Saya berusaha berkreasi sebisa mungkin untuk turut memeriahkan Hari Jadi Sumedang ini. Bakso inipun ludes diserbu warga hanya dalam waktu 15 menit saja,” tukasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button