Politik

Menuju Pilkada Sumedang 2024, PKS Tunggu Hasil Pileg dan Pastikan Perolehan Suara Dua Kali Lipat

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumedang tidak menepis berbagai kemungkinan adanya koalisi dengan sejumlah partai terutama untuk menentukan kandidat bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024 nanti.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang, Yana Flandriana kepada wartawan di Sekretariat DPD PKS Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (9/11/2022).

“Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Akan tetapi, kami belum bisa membuka dengan partai mana akan menjalin koalisi dengan PKS. Mengingat saat ini, tiket resmi Pilkada masih menunggu hasil Pileg 2024 mendatang,” tuturnya.

Baca Juga :  Polri Terus Lakukan Pembinaan Terhadap Perajin Senapan Angin di Cipacing Sumedang

Ia menerangkan, komunikasi DPD PKS Sumedang masih terbuka dengan siapapun juga. Namun, komunikasi tersebut akan lebih intens setelah ada hasil dari Pileg.

Ketika disinggung tentang adanya poros koalisi di tingkat Pusat, Yana memastikan jika di tingkat daerah belum ada arahan untuk mengikuti jejak koalisi yang telah di bangun oleh PKS terutama untuk kepentingan Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga :  Polsek Ujungjaya Berhasil Meringkus Dua Tersangka Kasus Pencurian

“Yang jelas, kalau arahan dari pusat pada prinsipnya bagi seluruh kader PKS di tingkat kabupaten, harus selalu menjalin sinergi dan berkolaborasi dengan seluruh partai,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa poros koalisi di tingkat pusat, PKS telah membangun koalisi dengan Partai Nasdem dan Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia (Capres RI).

“Kendati demikian, untuk ditingkat Kabupaten sendiri, jika mengikuti arus politik di pusat, PKS dinilai masih akan kesulitan dikarenakan belum mencukupi jumlah kursinya.

Baca Juga :  Polres Sumedang Tetapkan Dua Tersangka Terkait Kasus Dugaan Penganiayaan di Desa Sarimekar

Dimana saat ini PKS hanya memiliki 6 kursi, Partai Demokrat 2 kursi dan Partai Nasdem belum memiliki kursi.

Karena itu, saya yakin ini akan semakin intens dan terus mengkristal, ketika hasil pileg 2024 nanti sudah diumumkan.

Nah untuk pileg, dengan komposisi yang ada saat ini, saya yakin akan ada kenaikan jumlah kursi dan perolehan suara dua kali lipat akan tercapai,” tukas Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang Yana Flandriana. (*)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button