Kategori
Uncategorized

Memuaskan, Ditengah Cuaca Ekstrim Petani Berdaya Desa Kertamukti Panen Perdana

Para petani yang ada di Desa Kertamukti binaan Rumah Zakat berhasil memetik panen mentimun perdananya, Kamis, (12/9).

Sumedang,- Para petani yang ada di Desa Kertamukti binaan Rumah Zakat berhasil memetik panen mentimun perdananya, Kamis, (12/9).

“Ketelatenan dan kesabaran Petani Berdaya Desa Kertamukti berbuah manis,” kata Samsudin, salah satu petani Binaan RZ.

Panen perdana yang berlokasi di Dusun Sindangjaya Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang ini, cukup luar biasa. Pasalnya, menurut pengakuat Samsudin, ditengah cuaca panas yang ekstrim, para petani masih bisa memanen hasilnya yang cukup maksimal.

“Bertani saat ini, tidaklah mudah mulai dari cuaca extrim, ketersediaan air yang semakin sedikit, hama yang luar biasa, ku ka ala hasilna oge tos Alhamdulilah“, katanya.

Adapun para petani yang sedang melakukan panen perdananya sebanyak 6 orang. Dari ke-6 orang itu hasilnya berbeda-beda, tapi rata-rata diangkat 2,5 Kwintal per hari.

Menurut petani lainnya, Koswara, mengatakan hasil panen perdana ini hasilnya juga cukup memuaskan. “Alhamdulillah hasilnamah mucekil , haturnuhun Rumah Zakat nu tos ngabimbing sareng masihan modal bertani ka simkuring sapara kanca sehingga para patani tiasa aya penghasilan dina musim halodo kieu,” katanya.

Masih di tempat yang sama, Dudun Durohim, selaku Relawan Inspirasi Desa Kertamukti, merasa terharu sekaligus bangga atas perjuangan rekan-rekan petani yang punya tekad dan kemauan untuk ber – inovasi, belajar hal-hal baru dalam bertani. “Cuman kendalanya sekarang adalah harga timun hanya Rp. 2.000/kg, tapi mudah-mudahan kedepannya ada peningkatan,’ ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *