Politik

Mantan Kapolres Sumedang Digadang-gadang Jadi Calon Pj Bupati Pengganti Dony-Erwan

Mantan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Sumedang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Eko Prasetyo Robbyanto, digadang-gadang sebagai Calon Penjabat (Pj) Bupati Sumedang pengganti kepemimpinan Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan yang akan habis masa jabatannya pada 20 September 2023 mendatang.

Nama Eko mencuat setelah sebelumnya santer nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, disebut-sebut akan diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menjadi Calon Pj Bupati Sumedang pengganti kepemimpinan Dony-Erwan.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Sumedang Usulkan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak

DPRD Kabupaten Sumedang, menurut aturan boleh mengusulkan maksimal 3 nama Calon Pj Bupati Sumedang, paling telat diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), 10 Agustus 2023. Selain usulan DPRD, Gubernur Jawa Barat dan Tim dari Kemendagri juga boleh mengusulkan masing-masing maksimal 3 nama.

Sedangkan nama Mantan Kapolres Sumedang itu mencuat lantaran adanya surat yang dikeluarkan oleh DPRD Kabupaten Sumedang dengan Nomor B/702/PR.01.03/VIII/2023 yang tersebar dikalangan awak media, perihal permohonan kesedian diusulkan menjadi calon Pj. Bupati Sumedang yang ditunjukan kepada AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, S.I.K., S.H., Mpict., Miss.

Baca Juga :  Begini Kata Pj Bupati Sumedang Terkait KKN Tematik Gotong Royong Membangun Desa

Diketahui AKBP Eko Prasetyo pernah menjabat sebagai Kapolres Sumedang pada tahun 2019-2021. Bulan Juli 2022 lalu, menduduki jabatan sebagai Kabagdalops Roops Polda Metrojaya dan saat ini menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya (IIIA1).

“Sebagai anggota polri aktif, tentunya saya harus mengikuti ketentuan dan aturan yang ada pada organisasi Polri. Bagi saya dengan adanya permintaan masyarakat Sumedang untuk kesediaan menjadi Pj Bupati Sumedang saja sudah merupakan suatu kehormatan,” terang AKBP Eko kepada wartawan, Selasa (8/8).

Baca Juga :  Meski Tak Ada Korban Jiwa, Ribuan Bangunan Alami Kerusakan Akibat Gempa di Sumedang

Dengan adanya permintaan dari masyarakat Sumedang untuk jadi Calon Pj Bupati, Eko merasa bangga, lantaran hal tersebut merupakan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam wujud yang nyata.

“Untuk proses selanjutnya, kami mengikuti petunjuk dan arahan dari Mabes Polri. Terima kasih,” kata pria kelahiran 1980-an ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button