Politik

Mahasiswa Unpad Ingin Ada Uji Publik Calon Bupati Sumedang

Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) gelar acara diskusi yang bertajuk “BONGKAR” (Bincang Optimalisasi Nilai dan Gagasan Kreatif) pada Senin, (8/1/2024) yang bertempat di Bale Pabukon Unpad.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran sekaligus mantan Kepala Departemen Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa Unpad, Fawwaz Ihza Mahenda mengatakan bahwa kampus seharusnya menjadi buah fikiran untuk hal yang sifatnya akademis di segala lini.

“Kami mahasiswa ingin mengembalikan kampus tidak hanya sebagai ruang belajar di tataran formil, hanya belajar di kelas, tapi kampus itu sebagai buah pikiran, sebagai buah untuk hal -hal yang sifatnya akademis dan intelektual,” kata Fawwaz saat diwawancarai oleh wartawan TahuEkspres.

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2024, Pemda Sumedang Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih

Fawwaz juga megatakan uji kapabilitas atau uji kelayakan calon pemimpin daerah seharusnya diadakan di ruang akademis dan dinilai oleh masyarakat.

“Seharusnya kegiatan-kegiatan seperti salahsatunya adalah menguji kapabilitas calon pemimpin, seperti pra Pilkada itu diuji di kampus (ranah akademis) itu sendiri,” tambahnya.

Selain itu, sambung Fawwaz, dia juga menyoroti janji manis calon pejabat publik yang tidak memperhitungkan gagasan dan cara merealisasikan apa yang sudah di janjikan, dan Fawwaz yakin bahwa mahasiswa mampu menguji kebenaran gagasannya.

“Kadang kala banyak calon pejabat yang asal membuat sebuah janji, tapi tidak mempertanyakan bisa dilakukan atau tidak, oleh karena itu menurut saya, filtering dari ranah kampus ini lah yang pada akhirnya menjadi sebuah konsen utama yang bisa kita lakukan sebagai sebuah tools, yang akan menguji kapabilitas-kapabilitas calon pemimpin,” ujar Fawwaz.

Baca Juga :  Naskah Sunda Serat Tassawuf Sebagai Pendidikan Karakter Generasi Bangsa

Kemudian, terang Fawwaz, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan Mahasiswa di Sumedang untuk menguji dan menilai kapabilitas calon pejabat Daerah di Sumedang

“Saya ingin mengadakan sebuah acara diskusi terbuka yang mana mengundang calon-calon pejabat Pemerintah Daerah dimana nantinya, kami akan mengundang masyarakat Sumedang atau pergerakan kolektif yang memang terdampak oleh kebijakan yang ada saat ini dan juga mengundang kepada mahasiswa, khususnya Kema Unpad untuk ayo kita duduk bareng-bareng dan kita menguji kapabilitas visi misi pejabat dan program kerjanya,” katanya.

Baca Juga :  Langkah Serius Akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional Di Kabupaten Sumedang

Terakhir Fawwaz menegaskan bahwa dari hasil uji kapabilitas tersebutlah publik bisa menilai para calon pejabat pemangku kebijakan nantinya.

“Karena itu akan menunjukan kepada publik apakah yang mereka gaung-gaungkan itu hanya janji politis semata untuk memenangkan suara saja, atau memang ingin mengabdi kepada Bangsa, mungkin seperti itu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button