Kesehatan

Kabupaten Lampung Selatan Tiru Sumedang Tangani Stunting

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Keberhasilan penurunan stunting di Kabupaten Sumedang terus mendapatkan apresiasi mulai dari unsurĀ  pemerintah, asosiasi, organisasi profesi maupun pihak swasta. Demikian pula yang melatarbelakangi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Selatan untuk melaksanakan kaji tiru terkait penanganan stunting ke Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (7/11/2022).

Rombongan kaji tiru yang dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winani Nanang Erwanto diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, H. Erwan Setiawan beserta jajaran di Command Center Pemkab Sumedang.

Baca Juga :  Wabup Erwan Apresiasi Peringatan HUT ke-2 Gerai Hokkima Cimalaka

Wabup Erwan mengatakan, dalam penerimaan kaji tiru tersebut banyak hal yang disampaikan terkait dengan penanganan stunting di daerah masing-masing.

“Kami berbagi ilmu terkait apa saja yang telah dilaksanakan di Lampung Selatan dan di Kabupaten Sumedang,” ucap Wabup Erwan Setiawan.

Di kesempatan itu, Winani selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Lampung Selatan mengatakan, pihaknya memilih Kabupaten Sumedang sebagai lokasi studi tiru karena Sumedang memiliki banyak kelebihan, khususnya dalam penanganan stunting, dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

Baca Juga :  Ikut Menumpang Tronton, Remaja Ini Terpeleset Hingga Terlindas di Pamulihan Sumedang

“Setelah tadi melihat paparan dari Kabupaten Sumedang terkait stunting, ini akan menjadi contoh dan akan kami tetapkan di Lampung Selatan,” ujarnya.

Winani pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak salah memilih Kabupaten Sumedang sebagai lokasi studi tiru.

“Kami tidak salah hadir di Kabupaten Sumedang. Bukan hanya sekedar kunjungan saja, tapi ini juga termasuk kaji tiru. Kami akan belajar dari Sumedang khususnya dalam penurunan angka stunting,” tuturnya.

Baca Juga :  Pagar Tembok SMPN 3 Pamulihan Ambruk, Disdik Sumedang Pastikan Tak Ada Korban

Winani menyebutkan banyak hal yang didapatkan dari Kabupaten Sumedang selain dari penanganan stunting, diantaranya dalam menaikkan angka IPM.

“Banyak hal yang kami pelajari dari Sumedang. Selain penurunan stunting kami juga mendapatkan pengetahuan terkait bagaimana menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ya, tentu saja banyak sekali hal yang akan kami tiru dari Kabupaten Sumedang,” pungkasnya. (*)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button