Peristiwa

Jalur Bawah Cadas Pangeran Kembali Longsor, Menutup Setengah Badan Jalan

Pada tanggal 2 Mei 2023 pukul 20.00 WIB, terjadi longsor di ruas jalan nasional di jalur bawah Cadas Pangeran, tepatnya di Dusun Singkup blok Cadas Pangeran Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Tebing setinggi ± 10 m ± 8 meter menutup hampir setengah badan jalan akibat dari hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Atang Sutarno, mengatakan bahwa longsor tersebut disebabkan oleh hujan intensitas tinggi yang turun sepanjang hari. “Hujan intensitas tinggi mengakibatkan longsor di ruas jalan nasional tepatnya di jalan cadas pangeran, tebing setinggi ± 10 m ± 8 meter menutup hampir setengah badan jalan,” ujarnya kepada Tahu Ekspres.

Atang Sutarno menjelaskan bahwa Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sumedang telah melakukan assessment ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Sumedang untuk mengurangi dampak longsor terhadap lalu lintas kendaraan. Saat ini, arus lalin dialihkan bergantian dari arah Bandung maupun sebaliknya.

“Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sumedang melakukan pembersihan material dengan alat seadanya agar lalu lintas kendaraan tidak terhambat,” tambah Atang.

Namun, Atang juga menyampaikan bahwa kebutuhan mendesak saat ini adalah pembuatan TPT dan pembersihan material bersama stakeholder terkait karena sisa material longsor belum sepenuhnya bersih. BPBD Sumedang terus melakukan pemantauan dan mengevaluasi situasi di lokasi kejadian. “Untuk arus lalulintas saat ini sudah aman,” lanjut Atang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button