PemerintahanSumedang

Dinilai Miliki Potensi, Pj Bupati Sumedang Didorong Ikuti Open Bidding Sekda Pemprov Jabar

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Guna mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Sekda Pemprov Jabar), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jabar resmi membuka pendaftaran Open Recruitment atau seleksi terbuka pada Kamis 3-23 November 2023.

Kepala BKD Jabar, Sumasna menyatakan, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mengeluarkan rekomendasi open recruitment tersebut. Mengingat, jabatan Sekda Pemprov Jabar begitu strategis.

Dia pun memastikan open recruitment dilakukan sesuai regulasi dan menjunjung tinggi keterbukaan informasi.

Hal itu dibenarkan Toni S Liman Direktur Komite Nasional Pengamat Kebijakan Publik kepada Tahu Ekspres Indonesia di Sumedang Jabar, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Apresiasi Kinerja Insan Pertanian

“Lelang jabatan atau Open Bidding Sekda Jabar akan diincar dan diminati banyak orang. Bahkan, peminatnya bisa dari luar Jabar hingga nasional,” ucap Toni.

Olehsebab itu, sambung Toni, salah satu putera daerah Jabar terbaik yang telah memiliki pengalaman mumpuni dan lengkap, baik di tingkat daerah hingga nasional adalah sosok Herman Suryatman yang sekarang mengemban sebagai Pj Bupati Sumedang dinilai layak untuk menjabat Sekda Pemprov Jabar.

“Sosok Herman Suryatman jika dilihat dari sisi persyaratan sepertinya tidak ada kendala baik
secara administrasi maupun penelusuran rekam jejaknya,” terang Toni.

Tak hanya itu, ketika ditanya terkait baru saja menjabat sebagai Pj Bupati Sumedang dan apakah itu bisa, Toni Liman menegaskan bahwa hal itu tidak ada masalah.

Baca Juga :  Pasang Sangkur, Pj Bupati Sumedang Kembali Menyapa dan Menyerap Aspirasi Warga

“Saya pikir sah-sah saja, tinggal komunikasi saja dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memberikan tugas. Terlebih, Kemendagri juga intens melakukan evaluasi. Tidak hanya per tiga bulan, setiap hari ada evaluasi langsung dari Kemendagri atas perintah langsung Presiden RI. Artinya, sangat memungkinkan selama tidak mengganggu tugas sebagai Pj Bupati dan ini hak setiap orang atau pejabat karier se-Indonesia,” jelas Toni Liman.

Menurut Toni, mengingat posisi Sekda Jabar merupakan jabatan prestis nan strategis, sehingga di butuhkan orang yang bisa memberikan solusi atas persoalan yang ada di Jabar.

Baca Juga :  Pangdam III Siliwangi Sambangi Sumedang, Pastikan Penanganan Pasca Gempa Optimal

Lebih dari itu, imbuh Toni, fungsi keberadaan Sekda Jabar juga sangat penting, termasuk di dalamnya sebagai fasilitator antara kepala daerah dengan dewan, dengan masyarakat, dengan organisasi masyarakat dan lain sebagainya.

“Maka, kami mendorong sosok Herman Suryatman yang kini menjabat Pj Bupati Sumedang untuk dapat berkompetisi sebagai kandidat calon Sekda Jabar. Kami juga berharap sosok Herman Suryatman yang merupakan warga asli Sumedang ini bisa berhasil mengikuti Open Bidding Sekda Jabar,” pungkas Toni S Liman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button