Pemerintahan

Diharapkan Jadi Kawasan Wisata Baru, Wapres RI Resmikan Bendungan Senilai Rp2 T di Sumedang

Sumedang,- Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas senilai Rp 2 triliun di Sumedang pada Selasa (9/7/2024). Acara peresmian ditandai dengan pemutaran miniatur keran air oleh Ma’ruf Amin yang didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli, dan Bupati Indramayu Nina Agustina. Bendungan ini diharapkan dapat menjadi kawasan wisata baru.

Bendungan Cipanas terletak di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang dan Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Bendungan multiguna yang merupakan proyek strategis nasional ini dibangun sejak tahun 2016 dengan kapasitas tampung air mencapai 250 juta meter kubik, luas genangan 1.315 hektare, dan tinggi 71,7 meter. Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 2 triliun.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Siagakan Personil dan Listrik Aman Saat Peresmian Bendungan Cipanas

“Bendungan ini tidak hanya untuk pertanian dan sumber air, tetapi juga untuk pembangkit listrik dan pariwisata. Selain itu, bendungan ini juga menjadi solusi untuk masalah banjir di kawasan pantura,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menurut Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, bahwa Bendungan Cipanas membawa manfaat besar bagi masyarakat di Sumedang, Indramayu, dan Majalengka.

“Bendungan ini multifungsi, tujuannya adalah untuk membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah Sumedang, Indramayu, dan Majalengka,” kata Bey Machmudin.

Baca Juga :  Owner Hijab Razzaya Praktekan Teknik Pemanfaatan Kain Perca di Sumedang

Ia juga mengajak masyarakat untuk memelihara bendungan ini agar memiliki usia pakai yang panjang dan manfaat ekonominya dapat dirasakan lebih lama.

Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, juga menyatakan dukungannya terhadap pemanfaatan bendungan ini. “Tadi saya mendampingi Pak Wakil Presiden untuk meresmikan Bendungan Cipanas. Bendungan ini sangat bermanfaat untuk dua daerah, Sumedang dan Indramayu,” kata Yudia.

Yudia menyebutkan, bahwa Bendungan Cipanas menghasilkan air baku sebesar 850 liter per detik. “Selain memenuhi kebutuhan air baku, bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir di lahan seluas 701 hektare di Kecamatan Losarang dan Cantigi, serta untuk pembangkit listrik,” tambahnya.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Siagakan Personil dan Listrik Aman Saat Peresmian Bendungan Cipanas

Yudia juga mengatakan bahwa ia akan duduk bersama Bupati Indramayu untuk mengembangkan Bendungan Cipanas menjadi kawasan wisata. “Bu Bupati Indramayu mengajak duduk bersama untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata. Kita akan melihat apa saja yang bisa dikembangkan bersama BBWS. Harapan kita, masyarakat Sumedang dengan adanya Bendungan Cipanas ini bisa mencapai swasembada pangan,” ujar Yudia. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button