NasionalSumedang

PLN UP3 Sumedang Siagakan Personil dan Listrik Aman Saat Peresmian Bendungan Cipanas

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang dalam dua hari ini, siagakan personel dan sistem kelistrikan untuk agenda peresmian Bendungan Cipanas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin di Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7/2024).

Diketahui, Bendungan Cipanas memiliki luas genangan seluas 1.315,95 hektare dengan kapasitas 250,81 juta meter kubik dengan tinggi 71,70 meter. Terlebih, keberadaan bendungan ini dinilai memberi banyak manfaat diantaranya sebagai sumber air baku untuk kabupaten Sumedang dan Indramayu. Bahkan, untuk irigasi atau sumber pengairan persawahan, dapat mereduksi banjir di wilayah Kabupaten Indramayu serta berpotensi menghasilkan listrik 3 MW apabila difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Baca Juga :  Kang Hery Pendaftar Pilkada ke 7 di DPC PKB Sumedang

Wapres RI, KH. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyampaikan dengan banyaknya manfaat dari bendungan Cipanas ini, agar dapat dinikmati oleh masyarakat seluas-luasnya.

Ma’ruf juga mengingatkan, bahwa seluruh komponen baik pemerintah daerah ataupun masyarakat harus berkolaborasi untuk menjaga dan memelihara aset dan mendorong partisipasi masyarakat untuk pengelolaannya.

Selain itu, Ma’ruf berpesan untuk menjaga ketahanan air sebagai syarat untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan dan ketahanan energi berkelanjutan.

Baca Juga :  Denden Imadudin Pendaftar ke 4 Kandidat Bacakada di DPC Partai Gerindra Sumedang

Di kesempatan itu, Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto yang secara langsung memimpin siaga kelistrikan menyatakan, bahwa ada 2 lokasi siaga VVIP yakni di Bendungan Cipanas dan Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Untuk agenda siang ini, siaga VVIP di dua lokasi Bandara Kertajati dan Bendungan Cipanas kami siagakan 20 personel, 2 unit UPS 100 kVA & 80 kVA serta Aco TR 1 buah,” ujar Eko.

Selain itu, Eko menyampaikan, sudah melakukan final check juga simulasi pada hari kemarin. Ia memastikan sistem aman dan andal Bahkan, seluruh personel dalam kondisi siap siaga.

Baca Juga :  FPK3D Indonesia Apresiasi Pemusnahan Rokok Ilegal dan Miras di Sumedang

Sementara itu, General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Jabar, Susiana Mutia menyebutkan, bahwa PLN siap mendukung dan turut serta dalam suksesnya Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Mulai dari proses pembangunan, saat diresmikan, juga setelah difungsikan nanti. PLN akan terus memberikan pelayanan dengan menyalurkan listrik aman dan andal serta tanpa padam guna mendukung setiap program maupun rencana strategis nasional.

Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendorong serta mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan serta pemerataan kesejahteraan di sisi ketahanan pangan dan juga ketahanan energi,” pungkas Susi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button