Peristiwa

Dewan Ingatkan Antisipasi Longsor Susulan di Jalur Cadas Pangeran, Desak Tol Cisumdawu Segera Dibuka

Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, drg. Rahmat Juliadi, mengingatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terkait antisipasi longsor susulan di Jalur Cadas Pangeran Sumedang.

Pasalnya ia khawatir seperti berkaca pada kasus longsor di daerah Cimanggung beberapa tahun silam.

“Sekarang lagi musim penghujan, tidak menutup kemungkinan, besok atau lusa jika ada hujan besar akan kembali lagi longsor,” kata drg. Rahmat kepada wartawan melalui sambungan telepon, Sabtu (29/10).

Baca Juga :  Kejati Jabar Soroti Pengerjaan Tol Cisumdawu

Mengingat, kata drg. Rahmat, kondisi tanah di Cadas Pangeran sangat labil, jika hujan deras tidak menutup kemungkinan akan kembali lagi longsoran.

Untuk itu pihaknya meminta Pemda untuk menutup sementara jalur Cadas Pangeran, pengendara bisa dialihkan ke Rancakalong, atau jalur atas untuk mobil kecil.

“Saya mendesak Pemda untuk meminta sesegera mungkin membuka Tol ke pihak CKJT. Karena Cadas Pangeran rawan longsor sering dilalui mobil bertonase besar,” ujar Anggota Komisi I ini.

Baca Juga :  Material Longsor di Jalan Cadas Pangeran Sumedang Hantam Beberapa Kendaraan

Ia mencontohkan, pembukaan Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 (Pamulihan-Cimalaka) dibuka secara darurat sebagaimana dulu pernah dibuka karena musim lebaran. Jadi mobil yang bertonase besar bisa dialihkan sementara melalui jalur tol.

“Segera buka karena darurat, seperti kemarin pada saat lebaran, supaya Cadas Pangeran tidak memakan korban lagi,” katanya.

Ia juga menyoroti terkait fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) disepanjang jalur Cadas Pangeran yang sangat minim atau ada yang rusak.

Baca Juga :  Ribut Soal Pembukaan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 (Pamulihan-Cimalaka) Pada 28 Oktober 2022, Ini Kata Dewan

“Kita hebat banyak penghargaan, tapi hal sepele seperti PJU abai,” katanya.

Selain itu juga, drg. Rahmat meminta Pemda untuk melakukan penguatan BPBD, dari sisi kelengkapan sarana dan prasarana. Begitu juga dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) relawan harus diperkuat.

“Jangan sampai diluar kita hebat terkait administrasi pemerintahan, tapi hal sepele terkait pelayanan masyarakat abai,” katanya.

 

Show More

Mamat Munandar

Mamat Munandar adalah pemilik sekaligus pendiri media Tahu Ekspres. Selain pendiri, Matmund, sapaan akrabnya, juga aktif sebagai Redaktur di Tahu Ekspres. Pengalamannya sebagai seorang jurnalis sudah sejak 2012 silam, aktif di media lokal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif juga di organisasi profesi wartawan, yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button