Politik

Ciptakan Pemilu Berintegritas, Bawaslu Sumedang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk menciptakan pemilu yang berintegritas. Kegiatan ini digelar di Hotel Sahid Skyland Jatinangor, Jumat (11/10).

Koordinator Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumedang, Luli Rusli, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang konsolidasi kader Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP).

Baca Juga :  Pj Bupati Pastikan Kesiapan Bawaslu dan KPU Sumedang Hadapi Pilkada Serentak 2024

SKPP sendiri merupakan gerakan bersama antara Bawaslu dengan masyarakat untuk menciptakan proses Pemilu yang berintegritas.

Ia menambahkan, SKPP bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas milenial dan pemantau Pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat.

Baca Juga :  Bawaslu Sumedang Umumkan Daftar Nama Terpilih Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Menurut Luli, Sumber Daya Manusia di Bawaslu terbatas, jadi dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut membantu pengawasan pemilu.

“Personil kita di Panwascam saja ada 3 orang jadi kita butuh jaringan masyarakat yang peduli terhadap kepemiluan, salah satunya melalui SKPP ini,” tuturnya.

Untuk itu, kata Luli, untuk menambah personel dalam rangka pengawasan partisipatif, Bawaslu membuat jaringan melalui SKPP kepada masyarakat.

Baca Juga :  Pj Bupati Pastikan Kesiapan Bawaslu dan KPU Sumedang Hadapi Pilkada Serentak 2024

Adapun jumlah personelnya, ia menyebut kebanyakan dari kalangan mahasiswa.

“Saya harap dengan kegiatan ini, apalagi mereka para aktivis di kampusnya masing-masing, mereka bisa untuk peduli terhadap Pemilu dan Demokrasi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button