Sosial

Dandim dan Bupati Sumedang Resmi Menutup Program BSMSS di Cimarias

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dandim 0610/Sumedang, Letkol Infanteri Hendrix Fahlevi didampingi Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir resmi menutup kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun anggaran 2022 di Desa Cimarias Pamulihan Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at (11/11/2022).

“Program BSMSS kali ini telah dilaksanakan sejumlah pengerjaan seperti pengcoran jalan beton sepanjang 1 KM, pengerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 30 meter, plat beton sebanyak 3 unit, loneng 3 unit, pengerjaan rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 7 unit dan pembangunan Pos Kamling 1 unit,” terang Dandim.

Sebelumnya, terang Dandim, telah dilaksanakan juga Pra BSMSS di desa Cimarias. Dan penutupannya hari ini setelah dikerjakan hampir 1 bulan lamanya.

“Salah satu tujuan program BSMSS adalah memberikan motivasi sekaligus stimulan kepada masyarakat. Karena melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar mampu memanfaatkan berbagai potensi sumber daya yang dimiliki juga diharapkan nanti akan berdampak positif bagi proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat untuk membangun lingkungannya secara swakarsa ataupun swadaya,” terangnya.

Baca Juga :  Banyak Bikin Aplikasi, Pemkab Sumedang Diingatkan Soal Bahaya Hacker Oleh Mendagri

Tak hanya itu, imbuh Dandim, program BSMSS pun salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI terhadap kondisi masyarakat.

Terlebih, dalam menjalankan UU RI nomor 34 tahun 2004, bahwa dimasa damai kodim 0610/Sumedang tidak saja sebagai kekuatan pertahanan yang dipersiapkan untuk menghadapi ancaman perang, tetapi juga sebagai kekuatan selain perang guna membantu pemerintah didalam proses pembangunan di daerah melalui tugas Operasi Militer Selain Perang(OMSP).

“Melalui kegiatan BSMSS ini kami mengharapkan adanya semangat gotong royong dan pengertian masyarakat bersama unsur terkait agar kegiatan program BSMSS dapat diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan.

Kegiatan BSMSS juga merupakan salahsatu bentuk kemanunggalan antara TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Kemendagri Optimistis Sumedang Mampu Adopsi Best Practices Finlandia

Kegiatan BSMSS di Cimarias, imbuh Dandim, terselenggara atas kerjasama Kodim 0610/Sumedang dengan sejumlah instansi terkait seperti, DPMD, Polres Sumedang, Dinas PU, Baznas, Dinas Perkim hingga Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumedang.

Di kesempatan itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengapresiasi kegiatan BSMSS di wilayah Kodim 0610 Sumedang mengingat, BSMSS merupakan bentuk pola pendekatan pembangunan yang erat kaitannya dengan pelaksanaan peningkatan pembangunan masyarakat.

Bahkan, dilaksanakan dalam upaya akselerasi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya di Desa Cimarias.

“Hasil yang diperoleh dari BSMSS ini mulai dari kegiatan fisik maupun non fisik dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga Cimarias tanpa mengabaikan unsur pemeliharaan kedepannya,” tandas Bupati Dony Ahmad Munir.

Di kesempatan itu, Kades Cimarias Mamat Rohmat mengapresiasi telah diakhirinya program BSMSS yang diinisiasi oleh TNI khususnya Kodim 0610 Sumedang. Sebab, kegiatan tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat berikut Pemda Sumedang.

Baca Juga :  Pangdam III Siliwangi Apresiasi Inovasi Kodim 0610 Sumedang

“Tentu saja warga sangat senang dengan adanya program BSMSS karena sejumlah pengerjaan infrastruktur di Cimarias terus mengalami kemajuan,” ucapnya.

Selain itu, terang Kades, dilingkungan desa Cimarias telah dibangun sejumlah infrastruktur seperti, perbaikan jalan, TPT, rutilahu dan lainnya melalui program BSMSS. Tentu, akan memberikan manfaat yang positif bagi warga Cimarias.

“Terimkasih kepada segenap jajaran Kodim 0610 Sumedang, Bupati Sumedang dan pihak terkait lain yang telah peduli terhadap kemajuan pembangunan di desa Cimarias.

Melalui program BSMSS ini, kami berharap Kodim 0610/Sumedang tetap bersama rakyat, terus berjaya dan manunggal bersama rakyat,” tandas Kades Cimarias Pamulihan, Mamat Rohmat. (*)

 

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button