Pemerintahan

Cek Lokasi Kebakaran di Ciherang, Bupati Sumedang Janji Perkuat Anggaran Unit Damkar

TAHUEKSPRES, SUMEDANG –Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menemui keluarga korban kebakaran di Dusun Cilengsar, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan pada Jumat (5/5). Selain menemui keluarga korban, Bupati juga mengecek langsung lokasi kebakaran dan berjanji akan memperkuat anggaran untuk pemadam kebakaran.

Bupati yang didampingi oleh istri, Susi Gantini, menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas kebakaran yang terjadi pada Kamis malam (4/5) dan mengakibatkan satu unit rumah milik Titin (58) hangus serta dua balita, D yang berusia 3 tahun dan R yang berusia 1,5 tahun meninggal dunia.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan kepada keluarga korban guna meringankan beban mereka di tengah situasi sulit ini. “Saya turut prihatin atas musibah ini, dengan meninggalnya dua Balita. Dengan peristiwa ini, kami akan merekonstruksi kembali rumahnya dan memberikan pendampingan psikologis untuk kedua orangtuanya,” ujarnya.

Selain itu, bupati juga menyampaikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam memitigasi risiko bencana seperti kebakaran, banjir, dan tanah longsor. “Kami akan terus meningkatkan kesiapsiagaan. Desa Siaga Bencananya terus diaktifkan, aparaturnya dari kabupaten, kecamatan, desa, RT RW nya aktif memantau lingkungannya,” katanya.

Dony juga berpesan agar warga mencatat nomor-nomor penting dan emergensi untuk bisa dihubungi dalam situasi darurat. “Kemudian kalau ada terjadi sesuatu di lapangan, cepat kontak call center BPBD, PSC 119, Call Center PLN dan Pemadam Kebakaran supaya bisa lebih awal kita menanganinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, bupati mengatakan bahwa pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan unit Pemadam Kebakaran. “Tahun ini sudah dialokasikan dari APBD Sumedang dan bantuan dari Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button