Pemilu 2024Sumedang

18 Hari Jelang Pemilu, KPU Sumedang Lantik KPPS dan Lakukan Aksi Penanaman Pohon Serentak

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – 18 hari menuju pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan umum (KPU) Sumedang melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah melantik 25.599 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk 3657 Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serentak pada Kamis (25/1/2024) kemarin.

“KPPS merupakan kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat Desa untuk menyelenggarakan pemungutan suara di TPS. KPPS terdiri dari 7 orang anggota, pada pelaksanaan Pemungutan Suara, di setiap TPS juga akan dijaga oleh 2 orang petugas keamanan TPS.

Alhamdulillah, kami telah melaksanakan pelantikan KPPS secara serentak, ada sebanyak 25.599 orang anggota KPPS di Sumedang yang dilantik. Pasca pelantikan kemarin, kami juga melakukan penanaman pohon di setiap TPS,” Ujar Ogi Ahmad Fauzi, Ketua KPU Kabupaten Sumedang kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at (26/1/2024).

Baca Juga :  Panwaslu Kecamatan Tanjungmedar Awasi Ketat Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Ia menerangkan, bahwa Pemilu 2024 walaupun sebagian tahapan sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan digital, seperti pendaftaran Partai Politik yang sudah paperless. Dimana, pada Pemilu sebelumnya menyaratkan fotokopi KTP, KTA dan persyaratan lainnya secara fisik. Namun, pada tahun 2024 ini sudah tidak lagi menyerahkan persyaratan fisik. Selain itu, sebagian besar logistik Pemilu masih menggunakan bahan baku kertas seperti untuk kebutuhan surat suara, formulir-formulir, salinan-salinan kotak suara dan bilik suara.

“Pemilu tahun 2024, walaupun sebagian tahapan sudah paperless, tapi untuk logistik pemilu masih banyak menggunakan kertas. Bentuk komitmen kami pada pelestarian alam, maka selepas pelantikan KPPS kami melakukan penanaman pohon. Kami menanam pohon di sejumlah TPS yaitu 3.657 pohon,” kata Ogi.

Baca Juga :  800 APK Ditertibkan, Logistik di Kecamatan Tomo Sudah Sampai di Setiap TPS

Secara nasional, terang Ogi, total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas. Jadi, KPU menanam 5.709.898 bibit pohon setara dengan 66.234.816 kg atau 66.234 ton. Maka jumlah pohon yang ditanam KPU hampir setara dengan jumlah kebutuhan kertas yang digunakan KPU.

“Pasca pelantikan kemarin, KPPS akan di Bimtek oleh PPS didampingi PPK dan KPU. Bimtek kali ini pun berbeda dari sebelumnya, jika pemilu sebelumnya hanya 1 orang yang Bimtek, untuk pemilu 2024 semuanya anggota KPPS 7 orangnya yang di Bimtek. Hal ini kami lakukan dengan meningkatkan kualitas layanan pada pemilih pada saat pemungutan dan penghitungan suara.” ujar Ogi.

Baca Juga :  Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan Awasi Ketat Pendistribusian Logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi saat melakukan penanaman pohon serentak di Jatinangor Sumedang Jabar, Kamis (25/1/2024). (FOTO: Istimewa)

Tak sampai disitu, imbuh Ogi, pelantikan KPPS kali ini, KPU juga memecahkan 3 rekor MURI, yaitu pelantikan penyelenggara pemilu secara serentak terbanyak, bimtek Kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak, dan penanaman bibit pohon secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

“Kami berharap KPPS berpegang pada peraturan perundang-undangan, kode etik, profesional dan berintegritas. Selamat menjalankan tugas bagi KPPS yang tadi dilantik.” pungkas Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button