Peristiwa

Warga Ujungjaya Dikabarkan Tenggelam di Waduk Jatigede Saat Mencari Udang, Pencarian Dilanjutkan Hari Ini

Seorang warga atas nama Ade Rohendi (35), yang beralamat di Dusun Cilega, RT 01 RW 03 Desa Sakurjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang dikabarkan tenggelam di perairan Waduk Jatigede Blok Cijati Dusun Ciranggem RT 04 RW 04, Desa Ciranggem, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Selasa (9/5) sekira Jam 10.00 WIB.

Itang Sonjaya, selaku pengurus Karang Taruna di tempat tinggal korban yang ikut mencari korban tenggelam menyebutkan awalnya korban bersama dua rekannya pergi mencari udang di Waduk Jatigede.

Cara mencari udang ini, kata Itang, menggunakan tangan kosong dipesisir pantai. Kalau Bahasa sundanya dengan cara ‘ngagogo lauk’. Biasanya dipinggiran pantai banyak lubang-lubang tempat ikan atau udang bersembunyi, oleh masyarakat tempat persembunyian ikan/udang ini selalu diburu dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga :  Diharapkan Jadi Kawasan Wisata Baru, Wapres RI Resmikan Bendungan Senilai Rp2 T di Sumedang

“Nah kebetulin tempat ngagogonya itu agak jauh harus berjalan kaki dulu, kalau berjalan dari satu lokasi pinggir pantai ke pinggir pantai yang dituju jaraknya sekitar 100 meter,” jelas Itang.
Korban pada saat itu, lanjut Itang, menurut keterangan saksi males berjalan kaki menyusuri bibir pantai karena terlalu jauh tiba di lokasi. Jadi korban memutuskan untuk berenang, namun ditengah-tengah korban tenggelam karena diduga tidak kuat berenang. Padahal kata Itang, korban sudah biasa berenang di Waduk Jatigede.

Baca Juga :  Diharapkan Jadi Kawasan Wisata Baru, Wapres RI Resmikan Bendungan Senilai Rp2 T di Sumedang

“Dua orang temannya jalan kaki menyusuri bibir pantai, sedangkan korban berenang, di tengah-tengah sempat terdengar korban minta tolong, cuma posisinya jauh dengan 2 rekannya, jadi tidak sempat tertolong sampai tidak diketahui korban tenggelam ke sebelah mana, diduga korban tidak kuat berenang entah karena kram atau apa,” kata Itang.

Baca Juga :  Diharapkan Jadi Kawasan Wisata Baru, Wapres RI Resmikan Bendungan Senilai Rp2 T di Sumedang

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno, saat ini, personel BPBD Sumedang bersama unsur gabungan dari TNI, dan Polri serta relawan lainnya masih melakukan upaya pencarian di sekitar lokasi kejadian.

“Personel kami dan unsur SAR gabungan lainnya masih melakukan upaya pencarian, mudah-mudahan korban bisa segera ditemukan,” tutur Atang.

Dihari pertama korban tenggelam, masih belum juga ditemukan, rencananya petugas gabungan akan melanjutkan pencarian hari ini, Rabu, 10 Mei 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button