Olahraga

Banggakan Indonesia! Kakak Beradik Asal Sumedang Sumbang Medali Perak Cabor Kun Bokator pada SEA Games 2023 di Kamboja

Yudi Cahyadi dan Kamal Maulansyah yang merupakan kakak beradik asal Kabupaten Sumedang menyumbang medali perak untuk Indonesia Cabang Olahraga Kun Bokator pada Sea Games 2023 di Kamboja.

Yudi dan Kamal sendiri merupakan warga Dusun Rahayu RT 01 RW 02 Desa Trunamanggala Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Sang kakak, Yudi Cahyadi, harus menelan kekalahan saat pertandingan final melawan Van Cuong Huynh atlet asal Vietnam dengan skor 2-1. Sedangkan adiknya, Kamal Maulansyah, kalah pada pertandingan final melawan Chet Chon, atlet asal Kamboja dengan skor 3-1. Yudi bermain dikelas 65Kg sedangkan Kamal dikelas 60Kg. Keduanya bertarung di Chory Changvar International Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, pada Senin (8/5).

“Ya kemarin di final saya bersama adik saya kalah, jadi kita dapat perak untuk Indonesia,” kata Yudi saat dihubungi Tahu Ekspres melalui pesan Whatsapp, Selasa (9/5).

Yudi mengaku, saat pertandingan dirinya sempat protes, karena lawan mainnya tidak jelas nilai poinnya, tapi hasil protes tetap wasit memutuskan Vietnam harus menang.

Kun Bokator sendiri merupakan sebuah seni bela diri tradisional dari Kamboja, telah diumumkan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai salah satu dari empat cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan pada SEA Games 2023 mendatang.

Sebagai tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja mendapat kehormatan untuk menambahkan cabang olahraga baru dalam ajang olahraga ASEAN tersebut. Bersama dengan Arnis, Jujitsu, Kickboxing, Muay, dan Vovinam, Kun Bokator telah ditambahkan dalam daftar cabang bela diri yang akan dipertandingkan.

Kun Bokator, yang telah ada 1.000 tahun lalu sejak zaman Kerajaan Khmer di Kamboja, adalah sebuah bentuk seni bela diri yang unik dan sangat terkait dengan budaya Kamboja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button