Pendidikan

Wabup Erwan Perkuat Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMKN 1 Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berikut Wakil Bupati Erwan Setiawan didampingi pejabat terkait lainnya gencar mengunjungi sejumlah sekolahan dalam rangka Penguatan Nilai-Nilai Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Senin (24/10/2022).

“Seluruh siswa dari mulai tingkat dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi agar terus belajar dan disiplin serta menjauhi perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain,” ujar Wabup Erwan Setiawan saat menjadi Pembina Upacara di SMKN 1 Sumedang.

Wabup meminta agar para siswa dapat menjaga kedisiplinan dan menjauhi nongkrong-nongkrong yang tidak jelas.

Baca Juga :  Ribuan Guru se-Kabupaten Sumedang Meriahkan Gerak Jalan Santai Peringati HGN dan HUT PGRI ke-77

“Sayangi diri kalian dan orang tua. Apalagi sampai terjadi tawuran, itu tidak boleh. Kemudian jauhi Narkoba,” ucapnya.

Wabup menyarankan agar para siswa banyak membaca dan mencari referensi tentang orang sukses.

“Belajarlah dari orang sukses dan jadikan motivasi untuk bisa sukses seperti mereka. Saya yakin dari SMKN 1 Sumedang akan lahir orang-orang sukses,” katanya.

Wabup mengungkapkan, motivasi dan dorongan semangat kepada para siswa-siswi sangat perlu diberikan guna memacu mereka agar berakhlaq mulia.

Baca Juga :  Wabup Erwan: Target Investasi Tahun 2023 di Sumedang Capai Rp 2,3 Triliun

“Saya titip kepada Kepala Sekolah dan para pengajar agar bisa mengajarkan pelajaran tambahan di luar pelajaran formal, terkait aqidah, agama hingga moral. Sepintar apapun seoarang anak, tapi moralnya kurang bagus, maka akan rusak ke depannya,” kata Wabup.

Olehsebab itu, terang Erwan, penguatan Ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan menjadi dasar yang menjadi kekuatan kehidupan bernegara. Sehingga dapat melindungi warga negaranya dari berbagai adat, suku, bahasa, budaya, dan agama.

“Ideologi pancasila ini akan sangat berguna bagi kalangan pelajar karena dapat mengatur kehidupan atau tindakannya. Bahkan, bisa juga dijadikan sebagai pandangan hidup dalam menjalankan kehidupan dewasa ini,” tandas Erwan.

Baca Juga :  Bicara Pilkada 2024, Wabup Erwan Mengaku Ingin Fokus Tuntaskan Dulu Masa Jabatannya

Maka dari itu, imbuh Erwan, ideologi pancasila harus terus dikuatkan agar kalangan pelajar atau para siswa dapat tetap menjalani kehidupannya dengan berpegang teguh kepada ideologi Pancasila.

“Sejatinya pendidikan pancasila perlu diberikan disetiap jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah sampai perguruan tinggi,” tandas Wabup Erwan Setiawan. (*)

 

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button