Sosial

Viral Video Warga Melintas Tol Cisumdawu Tanpa Akses Jembatan, Begini Kondisi Sebenarnya

Akun twitter @deynurjaman mengupload sebuah video berdurasi 2 menit 20 detik yang menunjukkan warga Desa Cipelang Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang melintasi Tol Cisumdawu tanpa menggunakan jembatan.

Video itu di upload akun @deynurjaman pada Hari Sabtu (17/6) Jam 17.35 WIB dan telah ditonton per hari ini, Minggu (18/6) Jam 16.31 WIB sebanyak 766 Ribu tayangan, 1.248 suka, 79 kutipan dan telah di retweet sebanyak 411 kali.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Cipelang, Yusup Syarifudin, membenarkan dalam video itu adalah warganya yang hendak menyebrang melalui perlintasan Tol Cisumdawu di Dusun Pasir/Mareleng Desa Cipelang Kecamatan Ujungjaya.

“Yang melintas adalah warga Dusun Mareleng Desa Cipelang,” kata Yusup kepada Tahu Ekspres, Minggu (18/6).

Baca Juga :  Kisah Iqbal Selamat dari Puting Beliung Berkat Rengekan Anaknya

Ia menjelaskan, jauh hari sebelumnya pihak Pemerintahan Desa Cipelang telah mengajukan 2 titik jembatan untuk melintasi Tol Cisumdawu. Satu titik di Dusun Wisnu dan satu lagi di Dusun Pasir/Mareleng. Hal itu dilakukan lantaran ada 30 hektar lahan pertanian warga Desa Cipelang dan tanah milik BBWS Cimanuk-Cisanggarung sekitar 70 hektare (10 hektare dipakai lahan pertanian oleh warga), area tersebut berada di sebrang Tol Cisumdawu.

Sampai saat ini masih banyak warga yang bertani dan juga beternak di wilayah tersebut, sehingga membutuhkan akses jalan yang memadai dari pemukiman warga ke area pertanian/peternakan tersebut.

Baca Juga :  Kisah Iqbal Selamat dari Puting Beliung Berkat Rengekan Anaknya

“Namun yang baru terealisasi saat ini berupa terowongan yang ada di Dusun Wisnu,” katanya.

Kondisi terowongan di Dusun Wisnu Desa Cipelang Kecamatan Ujungjaya. (Foto : Istimewa)

Jarak antara lokasi dalam video yang berada di Dusun Pasir/Mareleng untuk sampai ke terowongan di Dusun Wisnu jaraknya kurang lebih 500 meter. Karena aksesnya yang mungkin lumayan jauh, lanjut Yusup, jadi warga pakai jalur alternatif melintasi jalan Tol Cisumdawu seperti yang viral dalam video yang diupload akun twitter @denurjaman.

“Karena memang sebelumnya juga Pemerintahan Desa Cipelang mengajukan 2 titik Jembatan,” katanya.

Satu titik sudah terealisasi di Dusun Wisnu berupa terowongan, akan tetapi satu titik lagi di Dusun Pasir/Mareleng belum terealisasi. Jadi warga Dusun Pasir dan tetangganya warga Dusun Mareleng saat ini, karena akses ke terowongan di Dusun Wisnu lumayan jauh, mereka lebih memilih jalan pintas melewati jalur Tol Cisumdawu seperti pada video yang sedang viral.

Baca Juga :  Kisah Iqbal Selamat dari Puting Beliung Berkat Rengekan Anaknya

“Keinginan warga sesuai ajuan pihak Desa Cipelang menginginkan dua titik jembatan, cuma yang terealisasi baru satu titik,” pungkas Yusup.

Sebagai informasi, jalan Tol Cisumdawu area Ujungjaya belum beroperasi karena masih dalam tahap pembangunan. Jalur ini pernah dioperasikan saat mudik lebaran Tahun 2023 kemarin, itupun hanya satu jalur yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button