PemerintahanSumedang

Tugas Pertama PLH Bupati Sumedang, Tuti Ruswati Luncurkan Layanan Kedaruratan 112

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Mengawali tugas pertamanya, Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kabupaten Sumedang Hj Tuti Ruswati resmi melaunching layanan Sumedang Siaga 112 di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS) Jawa Barat (Jabar), Kamis (4/4/2024).

“Sumedang Siaga 112 merupakan saluran aduan masyarakat jika terjadi adanya kedaruratan bencana, kedaruratan kesehatan, bullying dan kedaruratan lainnya,” terang Tuti.

Baca Juga :  Inspection Day, PLN UP3 Sumedang Budayakan Implementasi K3

Intinya, sambung Tuti, layanan Sumedang Siaga 112 itu mengintegrasikan seluruh layanan aduan masyarakat dengan instansi terkait.

“Saya berharap, dengan adanya saluran Sumedang Siaga 112 dapat mempermudah masyarakat saat terjadi kedaruratan di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Tak hanya itu, sambung Tuti, secara filosofi nomor 112 mengandung arti untuk nomor 1 artinya tujuan, nomor 1 selanjut minta tolong dan nomor 2 nya mengandung arti dunia akhirat.

Baca Juga :  Pemda Kabupaten Sumedang Gelar Apel Gabungan Sekaligus Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H

“Silahkan hubungi langsung nomor 112 jika terjadi kedaruratan di tempatnya masing-masing. Nomor 112 ini tidak berbayar alias gratis,” ucapnya.

Setelah itu, imbuh Tuti, operator akan menyambungkan langsung ke instansi terkait sesuai aduannya masing-masing.

“Baru beberapa instansi saja yang sudah terintegrasi dengan Sumedang Siaga 112 yakni, BPBD, Satpol PP, Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos) dan Polres Sumedang. Insya Alloh dalam waktu dekat akan tersambung juga dengan Dinas Pendidikan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA),” tukas PLH Bupati Sumedang, Hj Tuti Ruswati. (*)

Baca Juga :  Wujudkan Zero Harm dan Zero Loss, PLN UP3 Sumedang Gencar Beri Edukasi Bahaya Listrik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button