SumedangTNI/Polri

Tilang Manual Diberlakukan, Kasat Lantas Polres Sumedang: Pengendara Kena Tilang Elektronik Masih Banyak

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Lantas AKP Yudi Sadikin membenarkan bahwa tilang manual sudah kembali diberlakukan sejak 16 Mei 2023 lalu sebagaimana Surat Telegram (ST) dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bernomor ST/1044/V/HUK.6.2/2023.

“Ya demikian juga di wilayah hukum Polres Sumedang. Jadi, berlakunya kembali tilang manual ini berdasarkan dari hasil evaluasi pelaksanaan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” ucap Kasat lantas AKP Yudi Sadikin kepada wartawan di Mapolres Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (22/6/2023).

Baca Juga :  Aksi Perundungan dan Perkelahian Remaja Putri di Sumedang, Polisi Amankan 4 Orang

AKP Yudi mengatakan, sistim tilang manual tersebut berlaku di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Sumedang. Namun demikian, harus didukung oleh personil Satuan Lalulintas (Satlantas) yang sesuai dengan ketentuan biro asesmen Polda Jabar.

“Jadi, anggota yang melaksanakan tilang manual ini sangat terbatas. Mengingat, harus mengikuti sejumlah tes terlebih dahulu dari biro asesmen Polda Jabar dan selanjutnya baru dilengkapi oleh Surat Keterangan (SK) Penyidik Asesmen,” ucapnya.

Menurut AKP Yudi, di Polres Sumedang juga hanya ada dua anggota Satlantas yang mengikuti asesmen di Polda Jabar dan yang lolos hanya satu orang anggota.

Baca Juga :  Begini Modus Pencurian Ratusan Tiang Internet di Sumedang

“Jika sudah lolos mengikuti asesmen ini, baru anggota tersebut dapat melakukan penilangan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Meski demikian, sambung Yudi, sistim tilang elektronik atau ETLE masih tetap berjalan. Bahkan, masih banyak yang kena tilang elektronik, rata-rata tak kurang dari 100 orang perhari kena tilang elektronik di wilayah Sumedang.

“Tentu saja anggota kami terus melakukan patroli pagi ataupun sore hari dalam rangka keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalulintas,” katanya.

Baca Juga :  Hari Ini Kasus Terdakwa Hayam Bergulir di Kejari Sumedang

Tak hanya itu, imbuh Yudi, untuk saat ini razia kendaraan di jalan raya dipastikan tidak ada. Namun, Satlantas Polres Sumedang hanya melaksanakan patroli pagi, siang dan sore.

“Pada dasarnya angka pelanggaran berkendara di wilayah Polres Sumedang setiap tahunnya cenderung mengalami penurunan termasuk jumlah kecelakaan lalulintas (lakalantas). Olehsebab itu, kami terus melakukan upaya agar pengendara dan masyarakat Sumedang semakin sadar menjaga kemanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas,” tukasnya. (*)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button