Pemerintahan

Sumedang Raih Penghargaan KIP Award Sebagai Kabupaten Informatif di Jabar

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Menjelang akhir tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) kembali meraih prestasi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP Award) dengan predikat tertinggi sebagai Kabupaten Informatif di Aula Barat Gedung Sate Bandung Pemprov Jawa Barat (Jabar), Kamis (8/12/2022).

Anugerah KIP Award diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jabar yang sebelumnya sudah dilaksanakan monitoring dan evaluasi. Bahkan, ada 3 tahapan penilaian yang telah dilalui oleh Kabupaten Sumedang yaitu uji kelengkapan dokumen, uji petik PPID utama dan pembantu, juga uji publik yang melibatkan unsur masyarakat untuk menilai pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Pemda Sumedang Optimalkan Peran Kades dan Kapus Tangani Persoalan Stunting

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Budi Rahman.

“Alhamdulillah berkat kepemimpinan Pak Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, Pak Wakil Bupati (Wabup) Erwan Setiawan, didukung oleh Pak Sekda Herman Suryatman berikut jajaran Pemkab Sumedang, pada hari ini mendapatkan Anugerah Pemkab yang paling informatif.

Ini merupakan bentuk atensi dan penghargaan dari Komisi Informasi Jabar. Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Sumedang,” ujar Budi Rahman.

Ia berharap semoga penghargaan tersebut menjadi motivasi, semangat bagi para pelayan publik untuk meningkatkan pelayanan di berbagai bidang. Terutama di sektor yang mendasar, seperti kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik lainnya.

Baca Juga :  Tradisi Munggahan Sekaligus Syukuran Kemenangan Persib Bandung, Warga Ciluluk Tanjungsari "Ngagogo" 3 Kuintal Ikan Mas

Terlebih, Sumedang sebagai Kabupten Informatif menyadari betul, bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memperoleh informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya yang ringan serta dengan cara yang mudah.

“Penghargaan ini merupakan awal dari sebuah semangat baru, untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, dan transparan untuk menuju Sumedang Simpati 2023,” tukas Budi Rahman.

Dikabarkan sebelumnya, Diskominfosanditik juga sudah banyak menorehkan prestasi sepanjang tahun 2022 baik itu tingkat nasional maupun tingkat provinsi Jabar.

Adapun penghargaan yang telah diraih secara nasional diantaranya, Kabupaten Terbaik Pengelolaan Pengaduan Masyarakat melalui aplikasi LAPOR, Kabupaten Terbaik Sistem Pemerinthan Berbasis Elektronik (SPBE), Juara 1 Anugerah Media Humas Kategori Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Publikasi Pemda, Juara 2 Anugerah Media Humas Kategori Audio Visual.

Baca Juga :  18 Tersangka Kasus Narkotika Berhasil Diringkus Polres Sumedang

Lalu, ada sejumlah penghargaan yang diraih di tingkat Provinsi Jabar yaitu, terbaik ke 1 Tata Kelola Data (Satu Data Indonesia), Kabupten Informatif (Anugerah Keterbukaan Informasi), Pengelolaan Medsos Terbaik Desa (Desa Cinanjung dan Desa Sukatali), Kabupaten Teraktif dalam Pengelolaan Sumedang Saber Hoaks, Kabupaten Terbaik dalam Penerbitan Tanda Tangan Elektronik dan Kabupaten Terbaik dalam Komitmen Penyelenggaraan Keamanaan Informasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button