SumedangWisata

Satu Jam dari Bandara Kertajati, Ini 8 Objek Wisata Favorit di Sumedang

Dengan diresmikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka pada Hari Minggu, 29 Oktober 2023, penerbangan lokal maupun interlokal sudah bisa beroperasi penuh untuk melayani penumpang baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal tersebut diharapkan bisa berdampak baik bagi perkembangan wisata di Sumedang.

Ditambah, Bandara Kertajati, sebutan lain dari BIJB, terkoneksi langsung dengan jalan Tol Cileunyi – Sumedang dan Dawuan (Cisumdawu). Di Kabupaten Sumedang sendiri terdapat 6 gerbang tol yang terletak di Kecamatan Ujungjaya, Paseh, Cimalaka, Pamulihan, Sumedang Utara dan Jatinangor.

“Dengan dibukanya Bandara BIJB Kertajati secara penuh dan terkoneksi langsung dengan Tol Cisumdawu, tentu ini membuka peluang bagi sektor Pariwisata yang ada di Kabupaten Sumedang,” kata Mamat Munandar, Direktur Tahu Ekspres Indonesia, Minggu (5/11).

Sebagai informasi, Tahu Ekspres adalah perusahaan media lokal di Kabupaten Sumedang, selain produknya berupa berita, media ini juga fokus meriview dunia pariwisata di Sumedang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Sumedang.

Mamat menjelaskan, akses untuk menuju tempat wisata di Kabupaten Sumedang dari Bandara Kertajati melalui jalan Tol Cisumdawu kurang lebih hanya Satu Jam perjalanan. Artinya, ini akan mempersingkat dan mempermudah akses perjalanan jalur darat bebas hambatan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Sumedang.

“Ini kemungkinan, bukan hanya dari dalam negeri, tapi wisatawan mancanegara juga bisa berpeluang datang ke Sumedang,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya peluang tersebut bisa menumbuhkan sektor Pariwisata di Kabupaten Sumedang. Ditahun 2022, Mamat menyebutkan wisatawan yang datang ke Sumedang ada sebanyak 1,2 Juta orang (data Disparbudpora) dari target 700 ribu orang . Sedangkan di Tahun 2023 sendiri, Kabupaten Sumedang menargetkan 1,5 Juta pengunjung.

“Mudah-mudahan dengan adanya akses penerbangan Bandara Kertajati dan Jalan Tol bisa mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke Sumedang. Hingga pada akhirnya akan berdampak pada menambahnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumedang, InshaAllah Tahun 2024 yang berkunjung ke Sumedang ada 2 Juta orang lebih,” harap Matmund, sapaan akrab Mamat Munandar.

Adapun bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Sumedang, pihaknya merekomendasikan 8 objek wisata favorit yang wajib dikunjungi saat berlibur di Kabupaten Sumedang.

1. Tanjung Duriat di Jatigede

Wisata Tanjung Duriat terletak di dekat pintu keluar air Bendungan Jatigede, tepatnya di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

Tanjung Duriat menyuguhkan pemandangan indah Waduk Jatigede, banyak spot selfie menarik di tempat ini. Dari mulai lantai kaca, balon udara, taman cinta dan spot lainnya.

Baca Juga :  Inilah Kondisi Mobil yang Terlibat Kecelakaan di Tol Cisumdawu

Disini juga terdapat cafe tempat ngopi, bisa pesan makanan berat juga seperti nasi dengan lauk pauknya. Tempat ibadah juga ada seperti mushola dan tentunya toilet umum.

Walaupun di pesisir Waduk Jatigede, udara disini terbilang adem lantaran banyak pepohonan ditanam disini. Untuk harga tiketnya sendiri dibandrol Rp20.000 per orang.

2. Mesjid Al-Kamil dan Kujang Sapasang di Jatigede

Mesjid Al-Kamil terletak di Desa Jemah Kecamatan Jatigede, mesjid ini berbentuk bunga teratai yang sedang mekar. Dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Barat dan diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Mesjid ini sudah beroperasi sejak Agustus 2022 diharapkan menjadi tujuan wisata religi di Kabupaten Sumedang.

Selain mesjid, di area ini juga terdapat menara Kujang Sapasang yang dibangun berdampingan dengan Masjid Al-Kamil. Menara itu menampilkan dua pasang kujang yang merupakan senjata tradisional asli Jawa Barat, yang saling berhadapan. Satu pasang kujang berukuran besar yang menyimbolkan kedua orang tua dan satu pasang ukuran kecil yang melambangkan anak-anak.

Untuk masuk dalam mesjid pengunjung tidak dikenakan tarif, namun rencananya, jika ingin masuk ke area kujang sepasang, bahkan naik hingga ke lantai paling atas akan dikenakan tarif.

3. Taman Seribu Cahaya di Jatigede

Taman Seribu Cahaya berada di Blok Pangupukan Desa Pakualam dan Karangpakuan Kecamatan Darmaraja Sumedang Jawa Barat (Jabar).

Disini anda bakal disuguhi pemandangan alam pegunungan dan indahnya area Bendungan Jatigede.

Keunggulan Taman Seribu Cahaya, pengunjung bisa melihat panorama alam dengan view bendungan seperti pulau berlatar pegunungan. Viewnya 360 derajat bisa melihat sunrise dan sunset. Ada pulau-pulau yang dikelilingi pegunungan. Jadi kalau mau lihat Raja Ampat tiruan sambil melihat Gunung Tampomas, Gunung Ciremai dalam satu kali, disini tempatnya, Taman Seribu Cahaya.

Untuk harga tiketnya ditempat ini, weekday diketankan tarif Rp15.000 perorang dan weekend Rp20.000 perorang, jam operasional 09.00 – 17.00 WIB.

4. Toga Hill di Sumedang Kota

Tempat wisata dengan branding baru Toga Hill ini baru saja diresmikan oleh Bupati Sumedang pada tanggal 20 April 2023. Menyuguhkan pemandangan yang eksotis, apalagi ketika berkunjung ketempat ini malam hari.

Tempat wisata yang beralamat di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan ini berada di ketinggian kota Sumedang, sehingga pengunjung yang suka pemandangan citylight (lampu kota) bisa berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga :  Ternyata Komunitas Mobil Eksklusif Ini Menggelar Family Gathering di Sumedang

Toga Hill merupakan tempat take off nya olahraga Paralayang, bahkan sudah beberapa kali event nasional maupun internasional dihelat ditempat ini.

Harga tiket masuk ke tempat ini dibandrol Rp10.000 perorang, baik hari biasa maupun hari libur. Selain spot selft, disini juga ada restoran terkenal Asep Stroberi. Jadi cocok, sambil menikmati kota Sumedang dimalam hari, pengunjung juga bisa santap malam bareng keluarga disini.

5. Kampung Karuhun di Sumedang Selatan

Tempat Wisata yang berada di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan ini menawarkan keindahan alam berpadu dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Mengusung konsep “eco green park”, Pengunjung Kampung Karuhun dapat menikmati wahana wisata outdoor seperti flying fox menangkap ikan, off road, hingga mengasah ketangkasan dengan bermain paintball.

Buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp20.000 (anak-anak) hingga Rp30.000 (dewasa). Saat memasuki Kampung Karuhun, pengunjung akan disuguhkan suasana yang sejuk dengan pemandangan alam dan Sungai Cihonje yang melintasi kawasan wisata ini. Pengunjung pun dapat bersantai di saung lesehan yang nyaman.

6. Jans Park di Jatinangor

Janspark yang baru dibuka tahun 2022 lalu, berlokasi di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Tempat wisata ini memiliki konsep yang akan membuat anak-anak maupun dewasa betah untuk berlama-lama. Pasalnya, Janspark dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seru mulai dari Rainbow, Ontang anting, Spin 360 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain berbagai wahana yang seru, tempat wisata ini menyuguhkan landscape cantik dengan kastil megah berwarna-warni dilengkapi taman yang dihiasi berbagai macam bunga.

Untuk tiket masuk Senin-Jumat (Weekday) ke Janspark ini hanya Rp30.000. Sedangkan, harga tiket masuk Sabtu-Minggu (Weekend) hanya Rp40.000. Harga tiket masuk ini, belum termasuk dengan harga tiket wahana.

7. Samalengoh Camp di Tanjungkerta

Samalengoh Camp merupakan tempat camping di Kabupaten Sumedang yang saat ini tengah digandrungi para penikmat suasana alam dimalam hari. Selain udaranya yang sejuk dan dingin, tempat ini menyajikan pemandangan ‘City Light’ yang indah di pusat kota Sumedang.

City Lights (lampu-lampu kota) sendiri merupakan bahasa gaul bagi mereka yang suka camping dengan menikmati suasana kota di malam hari dilihat dari ketinggian. Ketika pengunjung camping di Samalengoh Camp, tempat ini menyajikan pemandangan indah lampu-lampu kota Sumedang dimalam hari.

Baca Juga :  Harapan Disparbudpora saat Putra Putri Sumedang Masuk Grand Final Duta Pariwisata Jabar

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke tempat ini bisa datang langsung ke alamat di Dusun Gunungdatar, Blok Gunung Gajah, RW 05 Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang.

Luas area Samalengoh Camp mencapai 3 hektare, bisa digunakan untuk kapasitas tenda sampai 50 tenda (tenda kapasitas 4 orang), bahkan lebih, tapi dibatasi sampai 50 tenda permalamnya. Untuk area parkir sendiri masih terbatas untuk mobil, hanya muat sekitar 15 mobil, kalau untuk motor bisa muat banyak.

Untuk tiket masuk Samalengoh Camp terbagi menjadi 3 bagian, pengunjung siang, malam dan menginap.

Pengunjung Siang harga tiket masuknya dikenakan biaya Rp5 Ribu per orang, sudah termasuk biaya parkir motor.

Pengunjung Malam, jika berkunjung pada malam hari dan pulang pada malam itu juga sebelum jam 00.00, pengunjung dikenakan tarif Rp10 Ribu per orang sudah termasuk biaya parkir motor.

Pengunjung Bermalam/Camping dikenakan tarif Rp15 Ribu per orang dan biaya parkir Rp5 Ribu untuk motor.

Sedangkan untuk parkir mobil sendiri, biayanya Rp5 Ribu pada siang hari dan jika menginap/camping Rp10 Ribu. Untuk parkir mobil sendiri, menurutnya, saat ini masih terbatas, area parkir hanya muat hingga 15 unit mobil.

8. Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian ini sudah terkenal sebagai salah satu spot wisata untuk rileksasi. Terdapat beberapa fasilitas seperti kolam air panas, pemandian air panas, penginapan, dan foodcourt.

Tempat wisata ini berlokasi di perbatasan Desa Cilangkap dan Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua.

Harga tiket masuk saat hari biasa untuk dewasa Rp10.000 sedangkan untuk anak-anak cukup membayar Rp5000 saja. Sedangkan untuk masuk ke ke kolam air panas ada biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Itulah objek wisata favorit versi Tahu Ekspres yang terbagi menjadi 3 bagian plus 1. Di area Bendungan Jatigede ada objek wisata Tanjung Duriat, Taman Seribu Cahaya dan Mesjid Al-Kamil/Kujang Sapasang.

Sedangkan di Sumedang kota ada objek wisata Toga Hill, Kampung Karuhun dan Samalengoh Camp. Untuk objek wisata pemandian air panas Cileungsing bisa masuk kebagian Sumedang kota, namun agak sedikit jauh. Sedangkan untuk wilayah Sumedang Barat perbatasan dengan Bandung ada objek wisata Jans Park Jatinangor.

Selain 8 objek wisata tadi, masih banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button