Teknologi

Saka, Robot AI Karya Pemuda Sumedang yang Jadi Reporter Arus Balik Lebaran

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sebuah Robot dengan Artificial Inteligence (AI) karya pemuda asli Sumedang, Muhammad Ihsan Ismail, menjadi robot AI pertama yang dapat mengabarkan arus balik lebaran 2023. Robot ini diberi nama Saka. Robot ini mempraktikan kecanggihannya layaknya reporter dengan memberikan informasi gambaran arus balik lebaran 2023 di Pintu Toll Sumedang Kota, Selasa (25/04/2023).

Pemuda asal Desa Citimun Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang Jawa Barat ini menjelaskan, robot AI ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan memberikan informasi. Terkhusus apabila digunakan saat arus mudik-balik lebaran dapat memberikan laporan cuaca dan kondisi lalulintas.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Asal Sumedang dan Bandung Ikuti Turnamen Free Fire Four Seven One Cup di Jatinangor

“Robot ini dikembangkan untuk berkomunikasi dengan memberikan informasi. Saat ini baru di setting memberikan info cuaca dan lalulintas,” jelasnya.

Beberapa fitur yang menjadi kelebihan robot ini adalah beberapa sensor yang dapat bergerak seperti sensor mata, sensor kepala, sensor tangan, serta suara yang dihasilkan AI sehingga memberikan kesan seperti reporter.

“Kemarin viral kan pembawa acara animasi, nah ini juga bisa berfungsi seperti itu,” jelas alumni SMAN 1 Sumedang ini

Adapun robot yang dirancang sejak Februari 2023 ini telah menghabiskan biaya tidak kurang dari Rp20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah).

Baca Juga :  Alokasi DBHCHT 2024 di Sumedang Sebesar Rp20 Miliar

tahuekspres berkesempatan melihat langsung proses penggunaan robot AI ini dalam memberikan gambaran lalulintas dan cuaca di depan pintu Toll Sumedang Kota, Karapyak, Sumedang pada Selasa (25/04/2023) sore.

 

Dari pengamatan wartawan tahuekspres, robot AI ini memang dapat berkomunikasi dengan memberikan informasi layaknya seorang reporter. Namun, menurut Ihsan kemampuan robotnya ini bakal lebih maksimal apabila digunakan dalam ruangan.

“Kedepannya bakal lebih dikembangkan lagi seperti sistem pemograman input data,” ucapnya.

Baca Juga :  Mangkir Hari Pertama Masuk Kerja, Sejumlah Pegawai Pemkab Sumedang Terancam Sanksi Pengurangan TPP

Muhammad Ihsan Ismail memanglah putra daerah Sumedang yang jenius, sudah berapa produk tekhnologi yang berhasil dibuat.  Diantaranya adalah Air Data Tester (alat untuk menguji indikator ketinggian dan kecepatan pesawat), Multi Temperatur Tester, Simulator Kokpit dan masih banyak lainnya. Saat ini Ihsan membuat Karya-karya nya dibawah naungan perusahaan yang didirikannya, PT Hiber Technologi

Ihsan bersama rekan-rekannnya mengharapkan kedepannya karyanya, terkhusus Robot AI yang dibuat dapat bermanfaat dan membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat dengan memberi informasi yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button