PeristiwaSosialSumedang

Relawan MDMC: Pasca Gempa di Sumedang, Banyak Warga Enggan Tidur di Rumah

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sedikitnya 30 relawan bencana Muhammadiyah Disaster Management Center
(MDMC) diterjunkan untuk membantu penanganan dampak pasca terjadinya gempa bumi di Sumedang.

“Di hari ke tiga Tanggap Darurat Bencana di Sumedang ini, kami secara mandiri sudah membuka Pos Koordinasi MDMC Penanganan Bencana Gempa,” ujar Sekretaris MDMC Sumedang, Maman Koswara di Posko MDMC Klinik Aisyiyah Jalan Raya Prabu Gajah Agung No. 15 Kota Kaler Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (3/1/2024).

Maman Koswara yang akrab disapa Mako menuturkan, MDMC Sumedang sudah memberikan bantuan pemasangan tenda darurat untuk warga di beberapa titik yakni, di Babakan Hurip, Ketib, Cimuja dan Cisarua.

Baca Juga :  Janspark Sumbang Rp20 Juta untuk Korban Gempa di Sumedang

“Hari ini saja, rencananya kami akan menambah 6 tenda darurat atas permintaan dari warga Cimuja dan Ketib. Meskipun sudah ada tenda yang sudah terpasang. Tapi masih kekurangan untuk menampung warga setempat,” terang Mako.

Mako menuturkan, MDMC Sumedang akan terus merespon keinginan warga terdampak akibat bencana gempa bumi yang mengguncang Sumedang sebanyak 7 kali itu.

“Jadi, hingga hari ini banyak warga yang masih enggan tidur di rumahnya. Mereka bersama keluarganya memilih tidur di tenda-tenda darurat yang tersedia. Bencana gempa bumi yang sudah melanda Sumedang ini menimbulkan trauma bagi sebagian banyak masyarakat Sumedang khususnya,” ucap Mako.

Baca Juga :  Pangdam III Siliwangi Sambangi Sumedang, Pastikan Penanganan Pasca Gempa Optimal

Tentu saja, sambung Mako, persoalan pasca bencana gempa di Sumedang menjadi tanggungjawab semua pihak. Begitupun kiprah MDMC akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi kemanusiaan yang terbaik bagi warga terdampak.

“Banyak persoalan pasca gempa ini yang terus menjadi prioritas penanganan bagi MDMC. Mulai dari pemasangan tenda darurat, kebutuhan air minum dan lauk pauk di lokasi tenda darurat, hingga pemberian trauma healing,” ucapnya.

Baca Juga :  Janspark Sumbang Rp20 Juta untuk Korban Gempa di Sumedang

Sebagai informasi, kata Mako, MDMC Sumedang juga membuka layanan donasi bencana gempa dengan melibatkan Lembaga Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) Nomor Rekening: 4709946740 atas nama Lazismu Persyarikatan Muhammadiyah atau bisa juga mendatangi langsung Posko Penanganan Bencana MDMC Sumedang.

“Kami juga meminta warga Sumedang tetap tenang. Namun, terus meningkatkan kewaspadaan bagi diri sendiri dan keluarga di rumah. Semoga, peristiwa gempa bumi tidak terjadi lagi di Sumedang,” tukas Sekretaris MDMC Sumedang, Maman Koswara. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button