Peristiwa

Rancakalong Dikepung Belasan Titik Longsor, Timpa Rumah Warga Hingga Akses Jalan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG –Belasan titik longsor terjadi di Desa Sukamaju dan Sukahayu Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang pada Senin, 1 Mei 2023, sekira Jam 16.15 WIB. Peristiwa ini menyebabkan tiga rumah terdampak serta kandang kambing juga terkena longsor.

Warga setempat, Rahman Fauzi (33) menyebutkan, hujan deras disertai angin kencang sejak Jam 14.30 hingga maghrib menyebabkan air dari saluran irigasi Nagrog meluap dan tanggulnya ada yang jebol hingga terjadi longsor yang menimpa rumah warga.

Baca Juga :  Banjir di Ujungjaya Sumedang Telan Korban Jiwa

“Yang parah rumah Pak Didi di RT 03 RW 06 Desa Sukamaju, dinding nya sampai jebol dan kanopi nya ancur, sedangkan rumah Pak Hendi di RT 05 RW 06 Desa Sukamaju selain kebanjiran juga dinding dalam rumahnya ambrol. Kemudian rumah Ibu Piah (45) di RT 01 RW 05 Desa Sukamaju yang dinding rumahnya jebol terkena longsor dan Kandang Kambing yang terkena longsor milik Pak Surya di RT 04 RW 06 Desa Sukamaju,” kata Rahman kepada Tahu Ekspres.

Baca Juga :  8 Unit Rumah Terkena Longsor Di Paseh Sumedang

Menurut Rahman, pihak RT, RW, perwakilan desa dan masyarakat sekitar sudah melakukan upaya pembersihan rumah warga yang terdampak. Selain itu, juga dilakukan pembukaan kembali saluran irigasi yang tertimbun longsoran tebing dan pembukaan jalan yang tertutup longsoran pohon tumbang.

“Jadi longsoran ini ada beberapa titik, sekitar 12 titik, 4 titik di desa Sukahayu dan sisanya di desa Sukamaju. Material longsor ada yang menutup jalan kabupaten, jalan gang, menimpa rumah warga dan juga kandang ternak,” katanya.

Baca Juga :  Tanah Terkikis Aliran Sungai Akibatkan 4 Rumah Dan Mushola Retak di Kecamatan Surian Sumedang

Rahman mengaku, belum semuanya terpantau, hanya saja beberapa RW di tetangga rumahnya saja longsor terjadi sudah belasan titik.

Untuk akses yang menutup jalan Kabupaten, kata Rahman, sudah dibersihkan material longsornya sehingga akses jalan bisa dilalui kembali oleh kendaraan.

“Adapun ketiga kepala keluarga yang terdampak, sementara mengungsi di rumah tetangga. Kami berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh tetangga dan pihak yang terlibat,” ucap Rahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button