AgamaSosialSumedang

Program Indonesia Makmur Baznas RI, 25 Mustahik Warga Cijeungjing Sumedang Dapat Bantuan Hewan Ternak

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang menyambut baik adanya terobosan yang diinisiasi oleh Baznas Republik Indonesia (RI) berupa Program Indonesia Makmur dalam rangka pengentasan kemiskinan di Sumedang.

“Alhamdulillah, kami mendapat kepercayaan dari Baznas RI untuk dapat merealisasikan Program Indonesia Makmur dalam rangka mengentaskan kemiskinan berupa pemberian hewan ternak kepada 25 mustahik atau penerima zakat di Desa Cijeungjing Jatigede,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, H. Ayi Subhan Hafas kepada Tahu Ekspres Indonesia di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (20/12/2023).

Baca Juga :  Ini Alasan Tembakau Sumedang Belum Jadi Bahan Baku Produksi Rokok di Indonesia

Menurut Ayi, Program Indonesia Makmur tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara Baznas RI dengan Baznas Kabupeten Sumedang dengan alokasi anggaran senilai Rp 681 juta.

“Anggaran untuk program ini bersumber dari Baznas RI sebesar Rp531 juta dan Baznas Kabupaten Sumedang Rp150 juta. Ini merupakan bantuan hewan ternak bagi mustahik yang berbasis balai ternak,” terangnya.

Jadi, sambung Ayi, para mustahik tersebut setiap orangnya akan mendapatkan 9 ekor kambing secara cuma-cuma. Namun, dalam pemeliharaannya ditempatkan diatas lahan milik Baznas Sumedang.

“Lahan milik Baznas Sumedang ini, kedepannya akan dijadikan tempat Eduwisata ternak kambing,” ucapnya.

Baca Juga :  13 Hari Jelang Pemilu, Sebanyak 3657 TPS di Sumedang Akan Dijaga 7314 Anggota Satlinmas

Jika tidak ada perubahan, sambung Ayi, pada akhir Desember 2013 mulai tahap pembuatan kandang kambing. Sedangkan peresmian balai ternak tersebut akan dilaunching pada bulan Februari 2024 nanti.

“Kami berharap, program ini betul-betul dapat mengentaskan kemiskinan di Sumedang, khususnya di Cijeungjing Jatigede,” katanya.

Bantuan hewan ternak tersebut, kata Ayi, setiap tahunnya akan dijadikan sumber hewan kurban bagi Baznas Sumedang.

“Jangan khawatir dengan memasarkan hewan ternak kambing ini. Mengingat, Baznas Sumedang sendiri sudah mempunyai link atau wadah untuk pemasarannya,” kata Ayi.

Baca Juga :  Memasuki Hari ke 5 Tahapan Kampanye Pemilu 2024, Panwaslu Cimalaka Pastikan Siap Siaga Lakukan Pengawasan

Tak hanya itu, imbuh Ayi, pihaknya akan terus memonitor dan mengawasi kepada para mustahik yang mendapat bantuan hewan ternak tersebut. Bahkan, akan ada pendampingan secara berkelanjutan bagi mustahik atau para peternak binaan Baznas Sumedang.

“Kami berharap program ini dapat berjalan sesuai target yang diharapkan yakni, berkurangnya angka kemiskinan. Terlebih, jangka panjangnya, balai ternak milik Baznas Sumedang ini akan menjadi tempat wisata baru di area Bendungan Jatigede,” pungkas Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, H. Ayi Subhan Hafas. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button