BudayaKomunitasSumedang

LSM GMBI Pertajam Silaturahmi dengan Karaton Sumedang Larang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Upaya mempertajam silaturahmi dan kekeluargaan, Panglima LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), Yudi Tahyudin Sunardja sambangi Karaton Sumedang Larang yang diterima langsung oleh Maha Patih Karaton Sumedang Larang, Rd. Lily Djamhur Soemawilaga di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (20/12/2023).

“Alhamdulillah, saya bersama jajaran LSM GMBI Distrik Sumedang dapat berkunjung kembali ke Karaton Sumedang Larang yang diterima langsung oleh Maha Patih bersama keluarga besar Karaton Sumedang Larang,” ucap Panglima LSM GMBI Yudi T Sunardja.

Menurut Yudi, kunjungannya ke Karaton Sumedang Larang bukan sekedar silaturahmi biasa. Namun, dibalik pertemuan itu banyak pesan dan kesan yang harus dihormati. Terlebih, dirinya atau siapapun sebagai orang Sumedang sejatinya harus menghormati keberadaan Karaton Sumedang Larang.

Baca Juga :  Begini Alasan 8 Kotak Suara Logistik Pemilu di Jatinangor Sumedang Belum Tersegel

“Dari sebelum menjabat sebagai Panglima LSM GMBI sampai saat ini saya masih menghormati keberadaan Karaton Sumedang Larang. Mengingat, kiprah para pendahulu Sumedang sangat luar biasa dan tidak terlepas dari lingkungan Karaton Sumedang Larang,” ucapnya.

Selain itu, sambung Yudi, banyak figur atau panutan para pendahulu kita di Sumedang yang patut ditiru atau bahkan dijadikan landasan keilmuan dan lain sebagainya.

“Ya, mau berbicara tentang Agama, keberanian, kepemimpinan dan lainnya banyak kiprah dari pendahulu kita yang dinilai bisa ditiru oleh generasi penerusnya. Seperti halnya kiprah Prabu Guru Aji Putih, Prabu Tadjimalela, Prabu Gajah Agung, Pangeran Santri, Prabu Geusan Ulun dan masih banyak yang lainnya,” tutur Yudi.

Baca Juga :  Hari ke 2 MTQ Tingkat Kabupaten Sumedang di Lokasi Bazar UMKM dan Pasar Murah Terlihat Sepi Pengunjung

Tak hanya itu, terang Yudi, begitupun kondisi sekarang menjelang Pemilu 2024 menjadi bahasan dalam silaturahmi tersebut. Terlebih, LSM GMBI bertekad mewujudkan kontestasi Pemilu 2024 yang damai dan kondusif.

Di kesempatan itu, Maha Patih Karaton Sumedang Larang, Rd. Lily Djamhur Soemawilaga mengapresiasi kunjungan Panglima LSM GMBI bersama jajaran Distrik Kabupaten Sumedang yang dipimpin oleh Plh. Agung Gundara.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Sumedang Usulkan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak

“Melalui silaturahmi ini, diharapkan hubungan antara Karaton Sumedang Larang dengan LSM GMBI mempunyai frekuensi yang sama yakni, bertekad memajukan seni budaya Sumedang,” terang Lily.

Jadi, sambung Lily, seni budaya Sumedang itu harus dijaga oleh semua elemen masyarakat. Termasuk oleh LSM GMBI Distrik Sumedang.

“Begitupun sinergitas Karaton Sumedang Larang dengan semua pihak, harus terus dipupuk dan dijaga. Sehingga, saya berharap hubungan atau komunikasi yang sudah terjalin antara Karaton Sumedang Larang dan LSM GMBI tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button